riau24 Hardianto : Pemerintah Pusat ini Harus Nyatakan Kabut Asap yang Kategori Bencana Nasional | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Hardianto : Pemerintah Pusat ini Harus Nyatakan Kabut Asap yang Kategori Bencana Nasional

0
Wakil Ketua Komisi D DPRD Riau Hardianto
Berita Riau -  Hardianto : Pemerintah Pusat ini Harus Nyatakan Kabut Asap yang Kategori Bencana Nasional
Pekanbaru-Riau24.com-Anggota DPRD Riau Hardianto menyebut, kondisi bencana kabut asap kian 'menggila', hingga saat ini sudah tiga bulan lamanya kondisi kabut asap menghantui masyarakat di daerah ini. Banyak dampak yang negatif dirasakan masyarakat.
 
"Kabut asap kian parah terjadi di daerah ini. Padahal, sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sempat berjanji menyelesaikan kabut asap dalam dua minggu. Pernyataan ini dijanji Kepala BNPB usai pelantikannya pada awal bulan September," ujar Hardianto.
 
Namun katanya, bukan berkurang kondisi kabut asap. Malah kondisi kabut asap di sejumlahan wilayah semakin parah. Termasuk daerah di Provinsi Riau. Ini berarti, BNPB sudah gagal melakukan tugasnya dalam mengatasi masalah seperti dijanjikan. Buktinya kabut asap ini 'menggila'.
 
"Kian 'menggilanya' kabut asap ini berarti Pemerintah Pusat itu telah gagal menanganinya. BNPB yang sebagai lembaga dipercaya untuk menangani masalah ini, harusnya berani dan terbuka saja mengakui kegagalan kerja sudah ditugaskan ke nstansi tersebut," sebut Politisi Gerindra ini. 
 
Wakil Ketua Komisi D DPRD Riau ini juga mengatakan, dalam hal ini pemerintah harusnya serius untuk menyikapi bencana kabut asap di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau yang sudah ditetapkan untuk darurat asap. Makanya mau tidak mau menjadi tanggungjawab dari pemerintah pusat.
 
"Saya secara pribadi dan Anggota DPRD Riau, meminta pemerintah Jokowi serta Menteri Lingkungan Hidup, mau itu Menteri Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan. Ini harusnya menyatakan kabut asap sebagai bencana nasional. Sebab ini banyak yang menjadi korbanya kabut asap.
 
Dikesempatan itu Hardianto juga mengingatkan pemerintah pusat jangan hanya sekedar berbicara pencitraan untuk mengatasi kabut asap yang terjadi di Riau maupun Pulau Sumatera dan Kalimantan. Harus ada langkah kongkrit serta nyata dimulai dari hulu hingga hilir cari penyebabnya.
 
"Jangan hanya bagi-bagi masker, kalau hal hanya masker saya kira APBD Riau ini masih cukup untuk membiayainya. Kita harus berpikir bersama-sama ini cari metodologi untuk memecahkan solusi dalam hal mengatasi bencana ini, jangan hanya pencitraan dilakukan," kata Hardianto.
 
R24/rul 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru