riau24 "Rapat Banggar DPRD Riau tak Memhahas untuk Penanganan Karhutla" | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

"Rapat Banggar DPRD Riau tak Memhahas untuk Penanganan Karhutla"

0
Karhutla Mengancam, Anggaran tak Dibahas
Berita Riau -
Pekanbaru-Riau24.com-Kendati saat ini bencana kabut asap yang disebabkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, sudah kian meresahkan. Tapi ada hal aneh, dipembahasa anggaran perubahan yang kini berlangsung, tidak ada bicara penanganannya.
 
Hal ini terungkap dari pengakuan Anggota Banggar DPRD Riau, H Mansyur, menjawab wartawan di Pekanbaru. "Khusus itu, di Rapat Banggar DPRD Riau dalam untuk Penanganan Karhutla tidak ada di APBD Perubahan 2015 tersebut," kata H Mansyur.
 
Politisi PKS ini menegaskan, pada pembahasan APBD Perubahan ini bersama pihak dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah hampir final ini, tidak ada halnya perbincangan khusus menyiapkan anggaran untuk penanggulangan Karhutla maupun bencana kabut asap. 
 
Anggota Komisi D DPRD Riau ini mengaku kecewa tidak ada upaya untuk menyikapi persoalan terjadi kondisi sekarang. Namun, sesuai informasi didapatkan itu dikarena 
terbentur aturan, tidak dibenarkan perubahan nomenklatur. Tentu ini untuk menetapkan item program di APBD Perubahan.
 
Bahkan menurut Mansyur, usulan disampaikanya untuk pembuatan embung dan pemeliharaan kanal-kanal di satuan kerja Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air pada APBD Perubahan 2015 juga dicoret. Padahal salah satu langkah mengatasi Karhutla.
 
"Saya berharap sebenarnya pada APBD yang dibahas ada berbasis penanggulangan asap. Misalnya, di APBD Perubahan 2015, sudah ada ancang-ancang meantisipasi Karhutla. Seperti adanya embung dan pemeliharaan kanal. Tetapi ini dicoret, sebab terbentur merubah nomenklatur," ujarnya.
 
Namun sambungnya, menjawab masalah ini Banggar DPRD Riau, terpaksa mendorong dipersiapkan anggaran bersifat kuratif dengan meningkatkan biaya pelayananya pihak rumah sakit dan kesehatan pada masyarakat. Sehingga dari bencana kabut asap tidak begitu parah dirasakan.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru