riau24 Pertemuan IORA di Padang Hasilkan Tiga Dokumen Utama | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pertemuan IORA di Padang Hasilkan Tiga Dokumen Utama

0
Pertemuan Tingkat Menteri negara anggota IORA di Padang, Sumatera Barat, 22 Oktober 2015. (Foto: Twitter Kemlu RI)
Berita Riau -  Pertemuan IORA di Padang Hasilkan Tiga Dokumen Utama

Padang-Riau24.com–Pertemuan pejabat tinggi dan menteri dari 21 negara anggota Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (Indian Ocean Rim Association/ IORA) pada 22-23 Oktober 2015 di Padang, Sumatera Barat, menghasilkan tiga dokumen utama.  

Selain tiga dokumen tersebut, pertemuan Council of Minister (COM) tersebut, Indonesia juga menerima penyerahan kepemimpinan IORA periode 2015-2017 dari Australia dan menerima aksesi Somalia sebagai anggota IORA ke-21.

Tiga dokumen tersebut adalah Padang CommuniquéDeclaration on Maritime Cooperation in the Indian Ocean, dan Decision on the Establishment of an Ad-hoc Committee on the IORA Concord.

Secara garis besar, dokumen-dokumen tersebut adalah rujukan negara-negara anggota IORA dalam menjalani masa kepemimpinan Indonesia periode 2015 sampai 2017 mendatang.

Selain menjadi tuan rumah Pertemuan Pejabat Tinggi dan Pertemuan Tingkat Menteri di Padang, Indonesia juga menjadi tuan rumah berbagai kegiatan dan pertemuan lainnya yang diselenggarakan oleh IORA sejak tanggal 20 Oktober 2015 termasukWorking Group on Trade and Investment (WGTI), Indian Ocean Rim Academic Group(IORAG) di Padang, dan Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF) di Jakarta.

IORA yang diresmikan pada Maret 1997, merupakan organisasi regional utama di Samudera Hindia, dengan 21 negara anggota dari tiga benua dan tujuh mitra wicara.

Tujuan utamanya adalah memfasilitasi kerja sama antara negara anggota khususnya di enam bidang prioritas, yaitu trade and investmentmaritime safety and security,fisheries management, Tourism and cultural exchange,Disaster management, danAcademics, science and technology cooperation guna mendukung pembangunan dan kesejahteraan anggotanya.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru