riau24 Waduh......Gapura Etnis Tionghoa di Jalan Karet akan Dibongkar | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Waduh......Gapura Etnis Tionghoa di Jalan Karet akan Dibongkar

3
Gapura Milik Etnis Tionghoa
Berita Riau -  Waduh......Gapura Etnis Tionghoa di Jalan Karet akan Dibongkar
Pekanbaru-Riau24.com-Dikarena tidak sesuai dengan akan budaya melayu di Riau, makanya gapura yang merupa milik etnis Tionghoa ini akan segera dibongkar. Sebab sebelumnya itu diprotes Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, seluruh ormas melayu di Kota Bertuah.
 
Pasalnya, gapura terletak di Jalan Karet, di Kelurahan Sago tersebut dikabarkan sudah keluar izin agar dibongkar. Pembongkaran gapura untuk Kampung Tionghoa Melayu Ini, diperkuat dengan dicabutnya izin pelaksanaannya oleh Pemko Pekanbaru.
 
Seperti disampaikan salah satu perwakilan panitia pembangunan gapura, Toni kepada wartawan di Pekanbaru. Katanya, memang ini benar akan ada segera dilakukan pembongkaran gapura. Tetapi itu bukan sebab desakan ormas atau di LAM Riau.
 
Instruksi pembongkaran gapura tersebut katanya, tertuang dalam surat pencabutan izin pelaksaan dari pihak Dinas Tata Ruang dan Bangunan ditandatangani tanggal 21 Oktober 2015. Salah satu poin bunyi surat tersebut menyatakan bahwa bangunan telah melanggar Peraturan Daerah.
 
"Pembongkaran ini, karena sudah melanggar Peraturan Daerah No 7 Tahun 2012 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan. Maka, bukan atas ada desakan ormas," katanya. Toni juga menegaskan, ada surat resmi pencabutan, dan ini yang dihargai.
 
Selain itu diharapkan pada semua elemen masyarakat untuk kiranya bisa memahami dan dapat terima ini yang sehingga tidak ada timbul perselisihan. Toni, menjelaskan ini dengan dikeluarkanya surat akan pencabutan izin, tentu harus bisa kepastian hukum.
 
Sebelum ada dikeluarkanya surat pencabutan izin pembangunan ini keberadaannya gapura ini sempat diprotes sejumlah ormas. Bahkan dengan keras LAM Riau, berikan ancaman, ini dalam tempo waktu dua pekan etnis Tionghoa segera membongkarnya.
 
"Memang sebelumnya itu sudah ada dari LAM Riau etnis Tionghoa tidak membongkar gapura. Maka, pihaknya beserta ormas melayu yang lain akan segera melakukan pembongkaranya paksa terhadap gapura," kata Tengku Amin ketika datangi lokasi gapura.
 
Karena sebelumnya itu, sambung Tengku Amin, sebelum gapura itu dibangun, LAM Riau dan beserta perwakilan etnis Tionghoa ini ada sama-sama sepakat agar gapura tersebut didirikan ini dengan tetap munculkan ornamen melayu. Tapi ini yang tidak sesuai.
 
R24/rul
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Me
Senin, 26 Oktober 2015 15:54 wib
Tidak semua melayu menentang pembangunan.. hanya segelintir orang dengan kepentingan pribadi ya seolah2 berkuasa dan menganggap paling hebatt, kejadian ini anngap lah sebagai pelajaran buat kedepannya
Saya
Senin, 26 Oktober 2015 10:02 wib
Biarlah itu menjadi keragaman kita, kenapa harus di bongkar segala
Anak bangsa
Senin, 26 Oktober 2015 08:56 wib
Kapan lg kita bs bersatu? Hny sedikit saja jadi ribut.
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru