riau24 NASA Bangun Roket Terkuat Sepanjang Sejarah | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

NASA Bangun Roket Terkuat Sepanjang Sejarah

0
lustrasi (foto : Softpedia)
Berita Riau -  NASA Bangun Roket Terkuat Sepanjang Sejarah

California-Riau24.com-Para ilmuwan di lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah membangun sebuah roket bernama Space Launch System (SLS). Roket tersebut dikatakan sebagai wahana luar angkasa terkuat dalam sejarah umat manusia yang pernah dimiliki NASA.

“Kami telah menyelesaikan CDR (critical design review) atau fase rancangan untuk roket dalam waktu yang cukup lama yakni hampir sekira 40 tahun,” tulis NASA dalam sebuah keterangan seperti dikutip dari Softpedia, Selasa (27/10/2015).

Roket ini, kata NASA, sedang dipersiapkan untuk mendukung misi antariksa berikutnya. Misi yang dimaksud adalah mengirim manusia ke beberapa spot di luar angkasa antara lain bulan, Mars, dan beberapa benda langit lain di tata surya, semisal asteroid.

NASA berharap perakitan Space Launch System (SLS) ini akan selesai pada 2018. Dalam penjelasannya, NASA kali pertama membuat roket yang memiliki kapasitas angkut sebesar 77 ton. Setelah dirakit kembali, kapasitas angkut dari roket tersebut dapat meningkat 115 hingga 143 ton.

Dijelaskan lebih rinci, ketika nanti semua bagian dari roket tersebut disatukan, SLS akan memiliki dimensi dengan tinggi mencapai 98 meter (322 kaki). Wahana ini pun akan ditenagai oleh empat mesin RS-25.

Seperti diketahui, SLS pertama kali digunakan mengangkut manusia ke bulan. Adalah Neil Amstrong dan Edwin Buzz Aldrin, dua manusia yang berhasil menginjakkan kaki di bulan pertama kali pada Juli 1969. Berpuluh-puluh tahun lamanya semenjak peristiwa bersejarah tersebut terjadi, SLS akan kembali diterbangkan untuk memenuhi misi perjalanan angkasa luar selanjutnya.

"SLS dan Orion spacecraft akan menjadi roket paling kuat yang pernah dibangun oleh NASA. Dua pesawat tersebut akan menjadi wahana antariksa di era baru untuk mendukung misi eksplorasi di luar orbit Bumi," tulis NASA.

R24/rno/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru