riau24 Salah Satu Program Perusahaan Dukung Kedaulatan Pangan dengan Desa Bebas Api | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Sempena Peringatan Hari Pangan Se-Dunia

Salah Satu Program Perusahaan Dukung Kedaulatan Pangan dengan Desa Bebas Api

0
Bupati Pelalawan HM Haris saat tanam padi di lahan PT RAPP Senin (26/10/2015)
Berita Riau -  Salah Satu Program Perusahaan Dukung Kedaulatan Pangan dengan Desa Bebas Api

Pelalawan-Riau24.com-Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Rudi Fajar mengemukakan bahwa salah satu program yang diusung perusahaan dalam mendukung kedaulatan pangan yakni melalui program Desa Bebas Api.

Di mana salah satunya membantu pembukaan lahan tanpa bakar sehingga kegiatan pertanian masyarakat bisa tetap dijalankan tanpa merusak lingkungan.

"Salah satu program desa bebas api adalah membuka lahan tanpa bakar. Program ini mendukung program ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan, untuk itu RAPP melakukan pembukaan lahan tanpa bakar seluas 20 hektar di mana luas lahan ini sama dengan seharga 120 juta rupiah," ungkap Rudi pada acara penanaman perdana tanaman padi jenis Cekau di lahan program Desa Bebas Api (Fire Free Village) seluas 20 hektar yang dibuka PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dengan cara tanpa bakar di Desa Kuala Panduk, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Senin (26/10/2015) kemarin.

Rudi pun sedikit memberikan gambaran hasil penilaian program Desa Bebas Api sebagai pemenang dari salah satu program Desa Bebas Api yakni pemberian reward atau insentif 100 juta rupiah bagi desa yang mampu menjaga wilayahnya dari kebakaran lahan dan hutan selama beberapa bulan di musim kemarau ini.

"RAPP memberikan penghargaan 100 juta rupiah bagi desa yang dapat menghindari wilayahnya dari kebakaran. Saya ingin mengapresiasi Desa Kuala Panduk yang dapat mengelola desanya sehingga sehingga pada Agustus sampai Oktober ini tidak ada api di wilayahnya. Maka dari itu, Desa Kuala Panduk berhak memperoleh insentif senilai 100 juta rupiah," ucap Rudi.

Rudi menambahkan, sehubungan dengan masih berlangsungnya El Nino, maka program Desa Bebas Api RAPP akan dilanjutkan untuk tahap kedua mulai periode Oktober hingga Desember 2015 ini. 

Bagi 9 Desa yang mampu mencegah terjadinya kebakaran di wilayahnya, maka akan berhak lagi mendapat insentif senilai 100 juta rupiah.

Selain menghadiri acara penanaman padi dan peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-35, Rudi Fajar juga menyempatkan diri mengunjungi pos kesehatan yang didirikan RAPP di Puskesmas Kuala Panduk. 

Posko kesehatan tersebut merupakan salah satu dari 5 unit mobil posko layanan kesehatan gratis yang dioperasikan RAPP untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kabut asap atau ISPA.

R24/awa/rif 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru