riau24 Bertemu Obama, Jokowi Tetapkan Ekonomi Digital jadi Prioritas | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Bertemu Obama, Jokowi Tetapkan Ekonomi Digital jadi Prioritas

0
Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih pada Senin, 26 Oktober 2015. Salah satu agenda penting yang dibicarakan adalah soal kerja sama ekonomi digital. (Getty Images/Martin H. Simon)
Berita Riau -  Bertemu Obama, Jokowi Tetapkan Ekonomi Digital jadi Prioritas

Jakarta-Riau24.com-Presiden Joko Widodo telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan sepakat untuk mengembangkan kerja sama dalam bidang ekonomi digital yang potensial bagi kedua negara.

Dalam lawatan ini, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia menetapkan ekonomi digital sebagai prioritas.

"Indonesia adalah salah satu negara terbesar dalam ekonomi digital dan saya sudah menetapkan ekonomi digital ini menjadi prioritas Indonesia. Dan saya tadi mengajak Amerika untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam hal ekonomi digital ini," ujar Jokowi dalam video yang diunggah Gedung Putih ke YouTube, Senin (26/10/2015).

Presiden Obama menyambut baik kerja sama tersebut dan dalam sambutan kepada pers, bahwa pihaknya telah membahas beberapa hal yang menyangkut perdagangan dan hubungan kedua negara, "terutama dalam pengembangan ekonomi digital yang merupakan peluang yang baik sekali di Indonesia."

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi menjelaskan Indonesia merupakan pasar digital terbesar di Asia Tenggara dengan nilai mencapai US$ 12 miliar pada 2014.

"Angka itu sangat berarti (kenaikannya) dibandingkan dengan pada 2013 yang sebesar 8 miliar dolar AS," kata Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. Pencapaian itu, menurutnya, tanpa campur tangan pemerintah.

Sebagai bagian membangun ekonomi digital tersebut, Jokowi yang memutuskan kembali ke Indonesia lebih dulu untuk memantau penanganan kabut asap di Kalteng dan Sumsel, mendelegasikan para menteri untuk bertemu dengan komunitas teknologi di San Francisco, California, mulai 28 Oktober mendatang.

R24/rno/cnn 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru