riau24 Menkumham: Hukuman Kebiri Tidak Dipotong, Cuma Disuntik | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Menkumham: Hukuman Kebiri Tidak Dipotong, Cuma Disuntik

1
Ilustrasi hukuman kebiri.
Berita Riau -  Menkumham: Hukuman Kebiri Tidak Dipotong, Cuma Disuntik

Yogyakarta-Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meluruskan eksekusi hukuman kebiri yang disetujui oleh pemerintah. Hukuman kebiri yang diberlakukan untuk pelaku kejahatan seksual anak tidak seperti zaman dulu.

"Istilah kebiri di sini tidak sama dengan konsep zaman dulu. Tidak dipotong, tapi disuntik dan efeknya tidak permanen," jelas Yasonna di Yogyakarta, Selasa (27/10/2015).

Untuk pelaksanaannya, lanjut Yasonna, dilakukan dengan cara memasukkan bahan kimia antiandrogen ke dalam tubuh melalui suntikan atau pil yang diminum. Sehingga pelaku akan mengalami pelemahan hormon testosteron dan mengalami kurangnya hasrat seksual atau bahkan hilang sama sekali.

Yasonna sepakat pelaku pencabulan terhadap anak mendapat hukuman berat. Namun, hukuman itu juga harus mempertimbangkan HAM pada pelaku tindak pidana pencabulan.

"Melanggar HAM tidak? Bagaimana kesehatan pelaku jika nanti mendapat hukuman kebiri?" katanya.

Hukuman kebiri pada pelaku kejahatan seksual anak masih dalam tahap pembahasan. Saat ini, tim dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak, Kementerian Sosial, dan Kementerian Kesehatan sedang membuat draf rancangan undang-undang tersebut.

"Setelah dibahas, hasilnya nanti dikaji lagi di Kementerian Hukum dan HAM. Drafnya seperti apa saya belum tahu," kata Yasonna.

Setelah itu, rancangan itu masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) untuk dilakukan pembahasan bersama anggota dewan di DPR RI.

Hukuman kebiri, ditegaskan Yasonna hanya bersifat tambahan. Pelaku kejahatan seksual harus menjalani hukuman sesuai peraturan, seperti dalam KUHP maupun UU Perlindungan Anak No 23/2002.

R24/rno/sin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 16:14 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru