riau24 PKS: Kunjungan Jokowi ke AS Seolah-olah Dipersingkat | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

PKS: Kunjungan Jokowi ke AS Seolah-olah Dipersingkat

0
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran lahan di Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (23/9). (ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo)
Berita Riau -  PKS: Kunjungan Jokowi ke AS Seolah-olah Dipersingkat
Jakarta-Riau24.com-Politikus Partai Keadilan Sejahtera Mahfudz Siddiq menilai keputusan Presiden Joko Widodo mempersingkat lawatannya ke Amerika Serikat telah direncanakan sejak awal. Jokowi menurutnya sudah memperkirakan bahwa kepergiannya ke luar negeri bakal mendapat kecaman publik di tengah bencana kabut asap.

"Masalah pembakaran hutan ini serius. Tapi akhirnya Presiden putuskan berangkat. Untuk redam sebagian publik, didesain seakan-akan mempersingkat kunjungan" kata Mahfudz di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Ketua Komisi Pertahanan ini turut mengomentari komunikasi terbuka Presiden Jokowi dengan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan. Dalam siaran tertulis Tim Komunikasi Presiden, keputusan itu disampaikan Jokowi melalui sambungan telepon kepada Luhut di Blair House, Senin (26/10/2015) pukul 10.35 waktu setempat. 

"Ini upaya presiden menyiasati kekecewaan sebagian publik," kata Mahfudz. 

Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku bersyukur Presiden Jokowi mempersingkat kunjungannya di Amerika Serikat. Menurutnya, akan percuma apabila melanjutkan kunjungan ke Amerika Serikat selama beberapa hari ke depan.

"Syukurlah dia kembali karena bencana asap jauh lebih penting. Menurut saya akan mubazir kunjungan kesana," kata Fadli. 

Kemarin Jokowi memutuskan untuk membatalkan kunjungannya ke West Coast. Namun, Jokowi mengamanatkan menteri terkait seperti Menteri Komunukasi dan Informatika, Menteri Perdagangan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif untuk tetap ke West Coast.

Jokowi akan bertolak ke Indonesia pada sore ini dan langsung meluncur ke Kalimantan Tengah atau Sumatera Selatan menangani kabut asap yang tak kunjung membaik. Jokowi diperkirakan akan tiba hari Kamis (29/10/2015) mendatang. 

Keputusan mempersingkat kunjungan diambil karena banyaknya keluhan masyarakat akan buruknya kondisi kesehatan dan dampak sosial di daerah-daerah yang terkena asap.

Anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayanan mengatakan kunjungan Jokowi ke wilayah yang terkena bencana asap bertujuan memastikan pelayanan di bidang kesehatan bagi korban berjalan baik.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru