riau24 Tiba di Indonesia, Jokowi Akan Tinggal di Daerah Asap | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Tiba di Indonesia, Jokowi Akan Tinggal di Daerah Asap

1
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran lahan di Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (ANTARA FOTO)
Berita Riau -  Tiba di Indonesia, Jokowi Akan Tinggal di Daerah Asap
Jakarta-Riau24.com-Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan berbincang dengan Presiden Joko Widodo yang tengah berada di Amerika Serikat, kemarin malam. 

Percakapan tersebut merupakan salah satu pertimbangan Jokowi untuk mempersingkat kunjungannya di Amerika Serikat. Luhut mengatakan, Jokowi pulang ke Indonesia hari ini.

Menurut rencana, setibanya di Indonesia, Jokowi akan langsung menuju wilayah terdampak kabut asap. Pilihannya, kata Luhut, antara Palangkaraya dan Jambi. Tingkat indeks standar pencemaran udara di dua provinsi tersebut berada pada level paling parah dibandingkan provinsi lainnya.

"Nanti presiden akan tinggal di sana beberapa hari untuk memantau penanganan kebakaran hutan," ujar Luhut.

Luhut mengatakan, pada percakapan itu Jokowi menanyakan tindak lanjut dari instruksi yang ia berikan untuk para menteri dan kepala lembaga negara pada rapat kabinet terbatas, akhir pekan lalu.

"Saya katakan, seluruh perintahnya pada rapat kabinet terbatas sudah dilakukan," ujar Luhut di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Jokowi juga menanyakan sejauh mana program memobilisasi alat berat ke lokasi-lokasi kebakaran hutan. Luhut menjawab, para menteri dan kepala badan negara masih menginventarisasi jumlah dan keberadaan alat-alat berat. Begitu pula dengan lokasi kebarakan hutan yang memungkinkan untuk pengerahan alat berat.

Tak hanya soal kebakaran hutan, Jokowi dan Luhut juga berbincang tentang hasil pertemuan kenegaraan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Luhut menuturkan, Obama menyambut Jokowi dengan sangat bersahabat.

"Tadi malam presiden diterima dengan baik di White House. Malah ada pertemuan pribadi. Jokowi diundang ke apartemen Obama. Itu jarang dilakukan Obama kepada petinggi negara lain," ujarnya.

Jokowi memang mempercepat kunjungan kenegaraanya di Negeri Paman Sam. Salah satu satu agenda yang dibatalkan adalah kunjungan ke West Coast. Jokowi mengaku lebih memilih untuk segera kembali ke Indonesia agar bisa mengunjungi dua daerah yang terpapar kabut asap parah, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan.

Banyaknya keluhan masyarakat terkait memburuknya kondisi kesehatan dan dampak sosial karena asap menjadi penyebab dirinya mempersingkat kunjungan.

"Titik apinya ada di Sumsel 146 dan di Kalteng 366 ‎dan juga tempat lain," kata Jokowi. Ia pun mengaku telah menerima laporan bahwa hujan turun di Riau dan Kalimantan Tengah.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 16:14 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru