riau24 Hujan Lima Jam, Api di Sumatra Selatan Belum Juga Padam | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Hujan Lima Jam, Api di Sumatra Selatan Belum Juga Padam

1
Lahan konsesi milik PT Bumi Andalas Permai di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, tertutup kabut asap tebal. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Berita Riau -  Hujan Lima Jam, Api di Sumatra Selatan Belum Juga Padam
Kayu Agung-Riau24.com-Hujan cukup lebat selama lima jam yang kemarin mengguyur sebagian wilayah Sumatra, termasuk Riau dan Sumatra Selatan, tak lantas membuat titik-titik api kebakaran hutan di Sumatra Selatan padam. 

Pagi ini misalnya, kebakaran lahan yang terjadi di lahan konsesi PT Bumi Andalas Permai (BAP), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, belum juga lenyap meski asap berkurang lantaran hujan kemarin.

Kabut asap tetap menyelimuti area konsesi PT BAP. Jarak pandang pun kembali memburuk, hanya 100-200 meter. Ini jauh berbeda dengan kemarin sore.

Salah seorang penduduk setempat yang enggan disebut namanya menyebut kondisi pagi ini adalah yang sehari-hari mereka “nikmati.”

"Pagi hari kabut memang turun karena dingin," kata dia, membenarkan kondisi hari ini kembali memburuk.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau meminta pemerintah pusat terus berupaya memadamkan api di Semsel dan Jambi bersama pemerintah daerah kedua provinsi terkait.

“Riau hari ini cerah karena sebagian besar wilayah kami kemarin sore diguyur hujan hampir dua jam. Langit jernih. Jarak pandang 1.500-2.000 meter. Titik api nol. Tapi kalau titik api di Sumsel tak tuntas dipadamkan, dua hari ke depan Riau kolaps lagi,” kata Kepala BPBD Riau Edward Sanger kepada CNN Indonesia.

Edward ragu cuaca cerah di Riau dapat bertahan sepekan penuh. “Sebab titik api di Sumsel ada 400 lebih. Kalau itu tak padam, kondisi Riau buruk terus,” ujarnya.

Sementara 100 lebih prajurit TNI yang diturunkan untuk membantu proses pemadaman api di OKI Sumsel, kewalahan lantaran titik-titik api muncul secara serempak. 

“Peralatan yang ada sudah berlebih. Alat berat sudah banyak. Kami sudah maksimal memadamkan api, tapi kendalanya ialah kemunculan api secara bersama-sama,” kata Mayor Andre Henry Masengi, Komandan Batalyon Kavaleri 1 Komando Strategi Angkatan Darat di lokasi kebakaran.

Pemadaman api yang krusial di Sumsel ini membuat Presiden Jokowi langsung bertolak menuju Palembang, ibu kota Sumsel, dari Washington pagi tadi usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 16:14 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru