riau24 Wariman: Bibit Disbun Kuansing Laris Manis | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Wariman: Bibit Disbun Kuansing Laris Manis

0
Kadisbun Kuansing H. Wariman, SP, M.Si
Berita Riau -  Wariman: Bibit Disbun Kuansing Laris Manis

Kuansing-Riau24.com – Bantuan Bibit Karet maupun sawit dari Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi sejak dua tahun belakangan ini, selalu menjadi harapan para petani karena sangat laris dan tidak pernah tersisa.

" Jadi bantuan bibit sawit maupun karet, dari Dinas perkebunan Kuansing selalu laris manis atau cepat laku dan tidak membuat kecewa para petani," Ungkap kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi.

Bahkan permintaan semakin banyak setiap tahun, akan tetapi karena anggaran terbatas tentu saja seluruh permintaan melalui proposal yang diajukan ke Disbun Kuansing tidak bisa dipenuhi seluruhnya, harus antri, sebutnya.

Hal ini disebabkan, setiap pembelian bibit maka Disbun Kuansing bersama rekanan membeli bibitnya langsung, bahkan berhubungan dengan manajemen Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) yang ada di Sumatera Utara. Bahkan kerjasama dilakukan secara tertulis bukan dengan lisan, dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang ada disekitar PPKS, ujarnya.

Bahkan pihak PPKS sendiri dan Disbun menolak penyerahan bibit dilakukan di luar PPKS, misalnya kecambah di terima di penginapan, menjelang perjalanan ke penginapan aksi calo bisa menukar kecambah menjadi yang tidak orisinil, PPKS tak bertanggung jawab," tambahnya.

" Pengawasan sama seperti pengadaan kelapa sawit, harus ketat pengawasannya dan tidak perlu takut, kalau tidak ya dapat kecambah bibit palsu," paparnya.

Sebab, banyaknya isu beredar di tengah-tengah masyarakat, bahwa bantuan bibit baik karet maupun sawit dari Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi, sangat tidak baik dan bahkan palsu. Itukan hanya isu yang dihembuskan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

" Mereka kan tidak pernah ikut melakukan pembelian secara langsung, coba ikut serta tentu akan tahu yang sebenarnya, " tukasnya. 

R24/awa/zar 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru