riau24 PAI Non PNS Diharapkan Bisa Menghidupkan Program Keagamaan di Pedesaan | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

PAI Non PNS Diharapkan Bisa Menghidupkan Program Keagamaan di Pedesaan

0
PAI Honor
Berita Riau -  PAI Non PNS Diharapkan Bisa Menghidupkan Program Keagamaan di Pedesaan

Rohul-Riau24.com-Di selenggarakan di Masjid Raya Kelurahan Pasirpangaraian, 195 Penyuluh Agama Islam (PAI) non pegawai negeri sipil (PNS) bertugas di 145 desa defenitif dan 50 desa persiapan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti Bimbingan Motivasi dan Kinerja dari Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Rabu (28/10/2015).

Kepala Kantor (Kakan)  Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan,  PAI non PNS di Rohul ada sebanyak 195 orang tersebar di 145 desa defenitif dan 50 desa persiapan.

"Bimbingan Ini rutin kita lakukan,  untuk menuju pembinaan umat. Karna Mereka diberi pembinaan dalam peningkatan kualitas. Sebagai ujung tombak dari Kemenag Rohul," ujar Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi  mengharapkan, sebanyak  195 PAI non PNS yang telah mengikuti bimbingan.  Bisa kembali membangkitkan program keagamaan yang telah di canangkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, seperti,  majelis taklim, pengajian di masjid, maghrib mengaji dan lain-lainya.

Sehingga kehadiran dari PAI ini bisa membawa dan membimbing masyarakat. Kearah yang lebih baik dan benar. Dengan menghidupkan kembali syiar-syiar islam yang mungkin sedikit memudar. Untuk itulah mereka ditugaskan di tengah-tengah masyarakat.

"Tugas mereka banyak, jika ada warga yang meninggal, mereka (PAI non PNS) bisa sebagai petugas fardhu kifayah, atau mengajari warga, dan hal-hal yang menyangkut tentang keagamaan," tuturnya.

Ahmad Supardi menjelaskan, pihaknya sedang mengupayakan kesejahteraan PAI non PNS. Dari sebelumnya gaji hanya Rp 100 ribu per bulan, dan tahun ini gaji sudah meningkat menjadi Rp300 ribu. Gaji dianggarkan melalui dana APBN. 

"Agar kehidupannya agak sejahtera. Kedepan Kita targetkan gaji mereka bisa mencapai  Rp 500 ribu per bulan," ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Kabid Penerangan Agama Islam Kanwil Kemenag Riau, H. Irhas menuturkan,  Bimbingan Motivasi dan Kinerja, merupakan program rutin dilaksanakan Kemenag Riau. Meski demikian, diakuinya, Kemenag di daerah tetap melakukan pembinaan.

"Setidaknya kita melihat pembinaan penyuluh semakin baik. Dari bimbingan ini kita ingin melihat sejauh mana yang sudah dilakukan," imbuhnya.

Dari acara bimbingan ini dapat meningkatkan partisipasi kehidupan, sehingga kehidupan masyarakat lebih baik lagi.

Dalam bimbingan ini, pihaknya menekankan pada  prinsip kepatuhan, membangun semangat beragama sesuai keyakaninan, membangun harmonisasi kehidupan.

R24/awa/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru