riau24 Dispora Inhu Canangkan Festival Budaya Batang Gansal II | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Dispora Inhu Canangkan Festival Budaya Batang Gansal II

2
Lomba lempar gasing di festival batang gansal tahun lalu
Berita Riau -  Dispora Inhu Canangkan Festival Budaya Batang Gansal II

Pekanbaru-Riau24.com- Dispora kabupaten Indragiri Hulu berencana akan gelar festival Batang Gansal kedua. Festival Batang Gansal merupakan kegiatan perlombaan tradisi budaya masyarakat suku talang mamak yang ada di kabupaten Indragiri Hulu. Kagiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2015 nanti dengan mengusung tema "Lestarikan Budaya, Lestarikan Alam".

Ditemui di stand Riau Expo 2015, Dra Ellyanora selaku ketua panitia mengatakan kegiatan perlombaan tradisi budaya masyarakat suku talang mamak tahun pertama kemarin sukses dilaksanakan. Untuk itu Dispora kabupaten Indragiri Hulu kembali menggelar kegiatan ini di tahun 2015.
"Lokasi festival Batang Gansal ini di desa Rantau Langsat kecamatan Batang Gansal. Perlombaan yang ditawarkan diantaranya lomba pacu rakit, lempar tombak, silat tradisional dan membuat kerajinan suku talang mamak dari rotan. Bukan hanya untuk masyarakat suku talang mamak saja, kami juga menyediakan perlombaan untuk masyarakat umum diantaranya lomba memancing, lomba photografer dan sepeda gunung. Khusus tahun 2015 ini, kami berencana menambahkan jenis perlombaan baru yaitu lempar sumpit dan offroad. Dan kami tidak membebankan peserta dengan biaya pendaftaraan alias free."jelasnya.

Ellyana juga menambahkan bahwa festival Batang Gansal ini merupakan kerjasama antara Dispora dengan beberapa pihak diantaranya Balai Taman Nasional Bukit 30, kelompok sadar wisata dan LSM Alam Sumatera.
"Nanti masing-masing pemenang perlombaan berhak membawa pulang piala dan Uang. Bukan hanya peserta lomba saja, masyarakat sekitar yang menjadi penonton juga telah kami siapkan kupon undian untuk mendapatkan doorprize."tutupnya.
R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Ditiya
Senin, 02 November 2015 11:41 wib
Assalamu'alaikum wr wb.. Salam kenal dari saya sebagai warga Indragiri Hulu. Sebelumnya saya senang sekali ada event seperti ini karena melalui event ini kita nisa mengangkat,mengenalkan dwn mempertahankan nilai budaya bangsa. Sebagai saran untuk pembukaan acara festival ini bagaimana jika dimulai dwngan drama musikal cerita masyarakat setempat yang dilakoni oleh masyarakat disana. Terima kasih
Ditiya
Senin, 02 November 2015 11:29 wib
Assalamu'alaikum wr.wb... Salam kenal dari saya sebagai warga Indragiri Hulu. Sebelumnya saya senang sekali ada event seperti ini karena melalui event seperti ini bisa
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru