riau24 Ilmuwan Ciptakan Alat untuk Angkat Barang Tanpa Disentuh | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Ilmuwan Ciptakan Alat untuk Angkat Barang Tanpa Disentuh

0
Sejumlah ilmuwan menciptakan alat untuk mengangkat barang tanpa beban (Dok.Asier Marzo, Bruce Drinkwater and Sriram Subramanian
Berita Riau -  Ilmuwan Ciptakan Alat untuk Angkat Barang Tanpa Disentuh
Jakarta-Riau24.com-Baru-baru ini tiga orang peneliti bernama Asier Marzo (University of Sussex,) bersama Bruce Drinkwater (University of Bristol), dan Sriram Subramanian berhasil menciptakan sebuah traktor balok ajaib yang mampu menggerakkan objek tanpa menyentuhnya. 

Mungkin bagi para penggemar film Star Trek, traktor balok ajaib seperti ini sudah tidak asing lagi. Namun, dengan kecanggihan teknologi serta aplikasi ilmu pengetahuan, traktor ini dapat menjadi nyata. Traktor balok ini menggunakan kekuatan gelombang suara untuk bisa menggerakkan serta memanipulasi suatu objek tanpa menyentuhnya. 

Traktor ini menggunakan prinsip gelombang suara, di mana gelombang suara tinggi atau rendah yang melewati medium seperti udara dapat menghasilkan suatu tekanan.

"Kita semua pastinya pernah merasakan dampak tekanan dari suara. Jika kita pergi ke konser rock, Anda tidak hanya mendengar suara tersebu, tapi terkadang Anda bisa merasakan suatu tekanan di dalam diri Anda. Dari sini, muncullah pertanyan terkait bagaimana memanfaatkan tekanan suara ini," jelas Drinkwater pada Live Science.

Dengan mengatur serta mengendalikan tekanan yang dihasilkan dari gelombang suara, hal ini dapat memungkinkan untuk menghasilkan suatu area bertekanan rendah, di mana gravitasi dapat dilawan.

Para peneliti menggunakan persamaan matematika untuk bisa menghasilkan berbagai pola gelombang suara yang memiliki tekanan yang tepat. Kemudian, mereka menampilkan hologram untuk 

Tekanan dari gelombang suara yang dihasilkan akan mengenai objek sehingga secara tidak langsung dapat menggenggam objek dan memanipulasinya untuk digerakkan.

"Ketika partikel dikelilingi tekanan tinggi, partikel tersebut akan terperangkap. Selanjutnya, kita bisa memperbaharui hologram pada saat yang bersamaan untuk menggerakkan partikel yang sudah terperangkap," kata Marzo.

Mereka berhasil menemukan 3 area dengan kekuatan medan akustik yang dapat memutar, mengangkat, serta menangkap objek. Pertama, traktor dapat menghasilkan suatu area, di mana gelombang suara menghasilkan putaran seperti tornado bertekanan tinggi untuk memutar objek. 

Kedua, traktor dapat menghasilkan tekanan berfungsi seperti pinset untuk mengangkat dan menggerakkan objek. Terakhir, traktor dapat menghasilkan tekanan dari gelombang suara sehingga objek terperangkap dan seakan melayang di udara.

Traktor ini dilengkapi dengan susunan 64 pengeras suara mini yang dibuat oleh perusahaan Ultrahaptics. Pengeras suara ini memiliki tingkat akurasi waktu yang tinggi sehingga bisa menghasilkan tekanan dan memanipulasi objek tepat di saat kita inginkan.

Gelombang suara yang dihasilkan oleh traktor berada di antara frekuensi 140-150 desibel yang beroperasi pada jarak 40 kilohertz, atau sekitar 1 cm. Gelombang suara seperti ini tidak bisa didengar oleh telinga manusia, sekalipun bisa, pastinya akan mampu merusak gendang telinga kita. Frekuensi seperti ini hanya bisa didengar oleh anjing dan lumba-lumba. 

"Menurut saya, ketika diarahkan pada seekeor anjing, pastinya ia dapat mendengar suara dari alat ini, namun ia akan lari karena tidak menyukai tekanan yang dihasilkan," kata Drinkwater.

Pada percobaan yang dilakukan, para peneliti menggunakan objek berupa bola polystyrene berdiameter 5 mm untuk diangkat.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan pada tahun 2014 lalu, di mana para peneliti dari University of Dundee mengungkapkan bahwa hologram akustik dapat menghasilkan tekanan untuk menggerakkan suatu objek. Namun saat itu, mereka hanya berhasil menunjukkan tekanan yang dihasilkan, tanpa menggerakkan suatu objek. 

Para penenliti mengharapkan bahwa penemuan ini nantinya dapat berguna untuk bidang kesehatan, seperti operasi medis. Diharapkan, traktor mini ini mampu memanipulasi organ tubuh tanpa harus melakukan kontak langsung atau tanpa membedah pasien. 

Berdasarkan laporan The Guardian, gelombang suara dapat menembus jaringan tubuh manusia. Traktor ini pun diharapkan dapat menjadi inovasi teknologi bidang medis di masa yang akan datang.

"Alat ini bisa saja digunakan untuk menggerakkan batu ginjal atau gumpalan darah. Selain itu, alat ini juga bisa diunakan sebagai instrumen bedah mikro yang dapat dikendalikan dari luar tubuh pasien, sehingga operasi dapat dilakukan tanpa membedah pasien. Alat ini juga bisa menggenggam obat yang akan diberikan ke dalam tubuh pasien, sehingga obat tidak akan jatuh pada tempat yang salah," jelas Marzo.

Traktor mini ini juga sempat dikategorikan oleh para ilmuan sebagai "containerless transportation",atau "transportasi tanpa wadah" yang bisa berguna untuk membawa materi-materi tertentu yang tidak bisa dilakukan oleh secara langsung manusia atau mesin.


R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru