riau24 Kerugian Parkir Motor Pakai Standar Miring | Berita Riau
Jumat, 09 Desember 2016

Tips Dan Trik

Kerugian Parkir Motor Pakai Standar Miring

0
Memarkir motor dengan standar miring. (bengkelsepedamotor.com)
Berita Riau -  Kerugian Parkir Motor Pakai Standar Miring
Riau24.com-Standar samping pada sepeda motor kerap digunakan saat kendaraan tengah diparkir. Hal itu dilakukan saat motor diparkir dalam waktu sesaat, namun tak sedikit pula yang melakukannya dalam jangka waktu yang lama.

Namun tahukan Anda, memarkir motor dengan standar miring memiliki beberapa kerugian? Ya, tentunya hal ini tak disadari banyak pemilik sepeda motor.

Dilansir WeloveHonda, salah satu kerugian tentunya potensi jatuh lebih besar ketimbang memakai standar tengah atau 'berdiri'. Sebab, terkadang lokasi parkir yang ditempati ada di permukaan tak datar. Akibatnya, standar bisa melipat kembali ke posisi semula lantaran motor bergerak ke depan. Jika hal demikian sudah terjadi, tentunya motor akan jatuh dan bodi motor akan menjadi lecet.

Selain itu, apabila Anda gemar duduk di atas jok motor saat tengah diparkir, beban motor akan ditopang oleh shockbreaker dan ban, yang berakibat kedua komponen ini bisa berkurang umur kekuatannya. Apalagi, jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Jika melihat beberapa kerugian yang sudah disampaikan, ada baiknya mulai saat ini para pemilik motor membiasakan menggunakan standar tengah saat parkir. Meskipun banyak orang yang malas karena harus mengeluarkan tenaga yang cukup besar saat melakukannya. Namun jika melihat apa yang ditawarkan, tentu lebih aman menggunakan standar tengah.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara menggunakan standar tengah saat parkir, hal pertama yang harus dilakukan adalah berdiri di sisi kiri sepeda motor. Lalu, letakkan tangan kiri di setang sebelah kiri, dan tangan kanan pada pegangan motor bagian belakang.

Kemudian, injak standar tengah dengan menggunakan kaki kiri. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu tanah di bawah sepeda motor cukup kuat untuk menopang bobot motor. Cari posisi yang rata, baik untuk dudukan standar maupun roda depan dan belakang.

Usahakan berat badan seimbang di kedua kaki, kemudian condongkan badan ke arah belakang, sembari menarik motor menggunakan tangan kanan ke arah belakang motor. Motor jenis matik, atau bebek tidak memerlukan tenaga yang besar, berbeda dengan motor sport yang kapasitas mesinnya lebih dari 150cc.

R24/rno/viv 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam