riau24 "BRK ini Tumbuh Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Melalui UMKM" | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

"BRK ini Tumbuh Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Melalui UMKM"

0
Dirut BRK Irvandi Memaparkan untuk UMKM
Berita Riau -
Pekanbaru-Riau24.com-Disaat ini
Bank Riau Kepri (BRK) berbenah, untuk jadi arah lebih baik dengan lakukan perceptan perekonomian kerakyatan. Ini, sejalan visi BRK. Yaitu menumbuh kembangkan perekonomian rakyat melalui Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM).
 
Demikian ungkap Direktur Utama (Dirut) BRK Dr Irvandi Gustari SE
MBA. Dikatakannya, ada UMKM ini tentu sangat menguntungkan berbagai pihak serta pro rakyat. Karena, dapat mensejahterakan rakyat secara financial, bahkan ini menambah restribusi kabupaten dan kota di dua provinsi.
 
"Nasabah kredit ini dibagi menjadi dua. Yakni kredit produktif serta kredit nonproduktif. Untuk saat ini nasabah BRK di dominasi kredit nonproduktif. Dimana hal angka kredit produktif hanya berkisar 25 persen saja," kata Irvandi, seraya menegaskan BRK saat ini tengah 
melakukan upaya perubahan.
 
Dimana sambungnya, target awal yaitu keseimbangan antara kredit produktif dan kredit nonproduktif, ke angka 50%-50%. Hal ini akan terus ditingkatkan sehingga kredit produktif yang dominan. Setelah mencapai angka 50-50, katanya, dalam kurun waktu empat tahun, target dicapai adalah 60 persen nasabah kredit produktif.
 
"Sehingga ini angka UMKM akan lebih basar. Ini tentu diharap bisa membantu tumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan. Mencapai ini tentunya tidak lepas dari berbagai tantangan. Adanya hal perbedaan komptensi sangatlah besar kedua jenis kredit ini. Maka, sistem dan organisasi ikut berubah," ujarnya.
 
Dikesempatan itu Irvandi berujar, dalam mencapai target ini, maka BRK bekerja sama dengan pihak pemerintah kabupaten dan kota. 
Tentunya, dengan menggandeng mitra binaan pemerintah. Baik itu dari Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan serta Dinas Perkebunan.
 
"Pemda memiliki banyak UMKM binaan, baik dari dinas koperasi, dinas pertanian, dan dinas lainnya di daerah tersebut. Jadi mau bikin bilik kerja khusus di kantor pusat untuk menangkap akan peluang-peluang itu," kata Irvandi, seraya 
UMKM binaan pemerintah daerah sangat besar dan berkompetensi sekali.
 
Dengan jumlah yang tidak sedikit, katanya, juga keseriusan usaha, UMKM binaan Pemda ini dinilai sangat layak untuk memperbaiki kesejahteraan perekonomian bagi rakyat. Untuk itu, BRK ini berniat menggandeng menjadi nasabah dengan membuka bilik khusus UMKM pada 2016 nanti.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru