riau24 LBH Jakarta Sebut Ahok Sering Langgar HAM dan Konstitusi | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

LBH Jakarta Sebut Ahok Sering Langgar HAM dan Konstitusi

1
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Berita Riau -  LBH Jakarta Sebut Ahok Sering Langgar HAM dan Konstitusi
Jakarta-Riau24.com-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menyatakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah beberapa melanggar Hak Asasi Manusia dan tidak menghormati konstitusi. Pernyataan tersebut didasari dari beberapa kebijakan Ahok yang dinilai lebih banyak merugikan masyarakat.
 
"Tercatat, Ahok telah beberapa kali menghasilkan kebijakan yang melanggar HAM. Ahok sempat mengejek konstitusi dengan mengasosiasikan jaminan perlindungan HAM yang diatur dalam UUD 1945 sebagai 'HAMburger' dalam salah satu pernyataan media massa pada tahun 2015," ujar Direktur LBH Jakarta Alghiffari Aqsa kepada CNN Indonesia, Sabtu (31/10/2015).
 
LBH Jakarta mencatat beberapa kebijakan Ahok yang telah melanggar HAM di antaranya pembatasan aktivitas kampanye sosial atau penyampaian pendapat di kegiatan Car Free Day, pelarangan sepeda motor melintas di beberapa jalan protokol DKI Jakarta, dan penggusuran paksa yang mengakibatkan 3.866 Kepala Keluarga (KK) di DKI Jakarta kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian.

Alghiffari mengatakan, LBH Jakarta mendesak pihak terkait seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI untuk mengevaluasi kinerja Ahok.
 
"LBH Jakarta mendesak kepada DPRD untuk menggulirkan hak angket atau membentuk ‘Pansus Pelanggaran Konsitusi oleh Gubernur DKI Jakarta’ dan mendesak Mendagri memberikan sanksi kepada Gubernur DKI Jakarta karena mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan UUD 1945," ujar Alghiffari.
 
Sebelumnya, dalam rapat dengan Komunitas Ciliwung Merdeka di Balai Kota DKI yang diunggah di Youtube, Sabtu (25/7), Ahok menyatakan memiliki konsep HAM sendiri untuk mewujudkan tekadnya dalam membenahi Jakarta.
 
"Kalau saya ditanya, apa HAM Anda? Saya ingin 10 juta orang hidup, bila 2 ribu orang menentang saya dan membahayakan 10 juta orang, saya bunuh di depan Anda," ujarnya.
 
Ahok mengaku, alasannya berkata seperti itu terhadap pihak-pihak yang menghalanginya dalam rangka kesejahteraan orang banyak.
 
"Itu HAM saya. Supaya kamu tahu, saya punya pandangan. Itu saya. Saya tidak mau kompromi," kata Ahok.


R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 16:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru