riau24 Berapa Umur Normal Sepeda Motor Enak Dipakai? | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Tips Dan Trik

Berapa Umur Normal Sepeda Motor Enak Dipakai?

0
Yamaha Mio J FI. Ilustrasi. (Sandy Adam Mahaputra)
Berita Riau -  Berapa Umur Normal Sepeda Motor Enak Dipakai?

Riau24.com-Tak bisa dipungkiri, sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling diminati masyarakat di Indonesia. Hal ini pula yang membuat sejumlah produsen roda dua berlomba untuk terus melahirkan produk-produk terbaru di kancah otomotif nasional.

Pola gaya hidup pun menambah nilai tersendiri bagi para produsen sepeda motor. Sebab, banyak orang yang kerap berganti motor dengan sejumlah alasan, salah satunya ingin tampil gaya. Tetapi, tak sedikit pula orang yang mengganti motornya dengan alasan sudah tak enak dipakai karena kerap mogok dan 'merongrong' pemiliknya.

Jika melihat kasus kerap mogok dan 'merongrong' pemilik, tentu menarik untuk dicermati. Sebab, hingga kini masih banyak orang yang bertanya, sebenarnya berapa usia normal sebuah sepeda motor?

Menurut General Manager Produksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Maryanto, pada dasarnya umur sepeda motor yang dibuat bisa mencapai lima tahun atau lebih.

"Akan tetapi, itu bisa terjadi (awet) jika perawatan dan cara penggunaan sepeda motor sesuai pemakaian," ujar Maryanto saat ditemui VIVA.co.id, di Kalibata, Jakarta, Sabtu 31 Oktober 2015.

Maryanto juga mengatakan, ada baiknya para pengguna sepeda motor mematuhi anjuran yang diterapkan pada buku panduan, mulai dari waktu servis, penggantian oli dan juga suku cadang.

Selain itu, kata Maryanto, meski penggunaan aksesori diperbolehkan, namun hal itu harus tetap memenuhi fungsi dari yang sudah dipatenkan pabrikan.

"Karena kita konsen kepada fungsi, dan yang penting safety. Karena motor yang dibuat perusahaan sedemikian rupa pasti sudah ada evaluasi dan itu menggunakan riset antara dua sampai tiga tahun," katanya.

Untuk Yamaha sendiri, ia mengklaim jaminan lima tahun. Sebab, motor-motor mereka telah dilengkapi teknologi logam mumpuni. "(Motor) Kita bisa diadu dengan yang lain. Lihat saja Yamaha R1, itu ringan sekali motornya. Karena bahannya juga pakai magnesium semua," klaim Maryanto.

R24/rno/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru