riau24 Sarwono Ungkap Tiga Sebab Utama Kebakaran Hutan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Sarwono Ungkap Tiga Sebab Utama Kebakaran Hutan

1
Garis polisi di lokasi eks kebakaran lahan milik perusahaan perkebunan di kawasan Nyaru Menteng, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu Km 25, Kalimantan Tengah, Jumat (30/10/2015). (ANTARA/Ronny NT)
Berita Riau -  Sarwono Ungkap Tiga Sebab Utama Kebakaran Hutan
Riau24.com-Pemerhati Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja, memaparkan ada tiga pokok penyebab selalu terjadinya kebakaran besar di hutan dan lahan gambut Indonesia.

"Penyebab kebakaran hutan yaitu kombinasi dari ketidaktahuan, kerakusan dan korupsi," ujar Sarwono, Sabtu, 31 Oktober 2015.

Ia berpendapat, seharusnya semua orang termasuk pemerintah dan para pengusaha tahu bahwa lahan gambut sebaiknya tidak dibakar begitu saja. Hal itu dilakukan, menurut Sarwono, karena pihak atau oknum tertentu menutup sebelah mata dan hanya mementingkan keuntungan yang akan mereka dapatkan.

"Pengusaha yang penting itu mereka dapat izin dari yang berwenang untuk bisa bakar lahan. Mereka tidak peduli efeknya apa yang penting sudah punya izin," kata Sarwono.

Ia melanjutkan, kondisi tersebut didorong oleh keinginan banyak orang untuk menanamkan investasi mereka dan menghasilkan keuntungan. Beberapa cara menurut Sarwono yang harus dilakukan untuk menyelesaikan konflik ini adalah dengan konservasi, rehabilitasi dan restorasi lahan maupun kebijakan hukum.

"Kalau perlu terbitkan UU yang kuat status hukumnya karena kebakaran ini terjadi karena ulah manusia sejak induatrialisasi terjadi 300 tahun yang lalu," ucap dia.

R24/rno/viv
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 16:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru