riau24 Hari Oeang, Masih Banyak Rupiah Palsu Beredar | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Hari Oeang, Masih Banyak Rupiah Palsu Beredar

0
Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
Berita Riau -  Hari Oeang, Masih Banyak Rupiah Palsu Beredar

Jakarta-Riau24.com-Sejak resmi diedarkan pada 30 Oktober 1946, Oeang Republik Indonesia (ORI) menjadi mata uang yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dan menjadi lambang utama negara merdeka. Untuk itu, ada aturan hukum yang menaungi supaya tidak disalahgunakan atau dipalsukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Pengamat pasar uang, Farial Anwar mengemukakan, mata uang Rupiah acap kali dipalsukan karena nilainya yang masih sangat tergolong rendah bila dibandingkan dengan mata uang lainnya.

"Sangat prihatin dari sisi kita jagoan mata uang tapi mudah dipalsukan Rp100 ribu, Rp50 ribu. Kalau dipalsukan bisa kaya raya," ujarnya kepada Okezone di Jakarta.

Dia menerangkan, kenaikan angka pemalsuan mata uang Rupiah terlihat terutama ketika pemilihan umum (pemilu) digelar. Angka pemalsuan mata uang Rupiah mengalami lonjakan yang sangat signifikan. "Karena ada politisi bandit halalkan segala cara," imbuh dia.

Selain itu, pemalsuan Rupiah juga terjadi ketika menjelang hari raya, terutama saat Lebaran tiba. Saat itu, peredaran uang palsu mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

"Diperlukan uang untuk berikan serangan fajar atau menarik pemilih. Biaya kampanye seperti spanduk dan selebaran kan membutuhkan uang. Nah itu biasanya keadaan seperti itu akan muncul uang-uang palsu. Apalagi menjelang lebaran meningkat uang palsu beredar," tandasnya.

R24/rno/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru