riau24 Anggaran Disdik Meranti Berkurang Rp 18 Miliyar | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Akibat Tak Terlaksana Kegiatan Fisik Lelang Tahun 2016,

Anggaran Disdik Meranti Berkurang Rp 18 Miliyar

0
Drs. H. M. Arif -Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti
Berita Riau -  Anggaran Disdik Meranti Berkurang Rp 18 Miliyar

Meranti-Riau24.com- Diakibatkan tidak terlaksananya program pembangunan proyek lelang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Kepulauan Meranti pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2015, tampaknya bakal menjadi penyebab berkurangnya anggaran kegiatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kepulauan Meranti di tahun anggaran 2016 mendatang. Alokasi anggaran yang awalnya Rp 76 Miliyar, bakal berkurang menjadi Rp 58 Miliyar.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kepulauan Meranti, Drs. H. M. Arif saat dihubungi Riau24.com melalui sambungan Handphone selulernya, Ahad (01/11/2015). Dikatakannya, tahun depan (2016,red) anggaran kita di Disdik tampaknya akan berkurang sebesar Rp 18 Miliyar dari tahun ini (2015, red). Karena realisasi proyek fisik lelang kita di APBD murni 2015 tidak terlaksana atau nol persen itu.

Dibeberkan Kadis Disdik Meranti itu, bahwa awalnya total alokasi anggaran di Disdik Meranti tahun 2015 sebesar Rp 76 Miliyar, lalu dirasionalisasi sebesar 34 persen atau setara dengan jumlah anggaran sebesar Rp 26 Miliyar melalui program Pemerintah Pusat. Akan tetapi, akibat kebijakan pusat yang melakukan rasionalisasi anggaran di seluruh Indonesia, anggaran Disdik Kepulauan Meranti berkurang menjadi Rp 50 Miliyar.

"Pada APBD murni tahun 2015 anggaran Disdik mencapai sebesar Rp 76 Miliyar, kemudian setelah rasionalisasi program dari pemerintah pusat, susut sebesar lebih kurang 34 persen. Sehingga pada tahun 2016 kedepan juga akan berkurang menjadi Rp 18 Miliyar," ucapnya.

Lebih lanjut, diutarakannya, dengan bakal adanya pengurangan anggaran di tahun 2016 mendatang, mau tak mau pihaknya harus berkonsultasi dengan pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Meranti guna membahas kegiatan yang menjadi skala prioritas di tahun 2016 tersebut.

Selain itu, Arif memaparkan, dari Rp 76 Miliyar yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti tahun 2015 ini, tak satupun kegiatan fisik lelang yang dilaksanakan. Hal ini mengingat tidak cukupnya waktu yang tersisa jelang akhir tahun 2015, yang hanya tersisa dua bulan. Tetapi untuk proyek pengadaan akan tetap terlaksana dan saya yakin akan dapat selesai 100 persen pada akhir tahun anggaran 2015 ini.

Untuk proyek pengadaan ini bisa terlaksana dalam waktu dua bulan. Sebab kegiatan pengadaan ini tidak menyita waktu dan proses lama seperti kegiatan proyek lelang yang harus mengikuti proses lelang tender proyek yang memakan waktu. Jadi saya yakin seluruh kegiatan pengadaan akan rampung sebelum berakhir tahun 2015 ini, ungkap Arif meyakinkan kepada Media.

R24/awa/ndi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru