riau24 10 Tips Penting Membeli Rumah Bagi Pemula | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

10 Tips Penting Membeli Rumah Bagi Pemula

0
Ilustrasi Rumah
Berita Riau -  10 Tips Penting Membeli Rumah Bagi Pemula

Riau24.com–Ada rencana untuk membeli rumah tetapi tidak tahu cara yang tepat dalam memilih rumah untuk dibeli? Apalagi rumah ini merupakan rumah pertama yang akan Anda beli. Selain itu, cara pembayaran yang akan Anda pilih juga sangat mempengaruhi proses yang akan Anda lewati. Membeli rumah bukan lah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan serta dipertimbangkan secara matang.

Simak tips berikut untuk mendapatkan rumah idaman Anda:

1. Pilih Lokasi
Faktor paling penting dalam membeli rumah adalah lokasi. Tidak mengherankan apabila di dunia properti orang sangat mementingkan lokasi, lokasi dan lokasi. Lokasi tidak hanya dianggap penting oleh pembeli rumah pertama, namun semua orang akan melihat lokasi sebagai faktor utama dalam membeli rumah. Harga suatu properti sangat ditentukan oleh lokasi, karena lokasi berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum, bebas dari banjir dan sebagainya.

2. Siapkan Dana
Para calon pembeli properti sering mengajukan pertanyaan mengenai biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk sebagian orang, terutama orang awam, biaya-biaya ekstra sering kali mengejutkan karena uang yang perlu dikeluarkan tidaklah sedikit.

Berikut ini adalah biaya yang harus Anda keluarkan:

Uang Tanda Jadi – Biasanya para pengembang akan mementukan besar nominal uang tanda jadi. Akan tetapi, jika Anda tidak membeli dari pengembang seperti dari pasar sekunder, maka penjual properti dapat dapat menentukan seberapa besar uang tanda jadi tersebut. Uang tanda jadi ini seperti uang pemesanan (booking) terhadap rumah yang akan Anda beli.

Uang Muka – Anda diwajibkan untuk melunasi uang muka apabila ingin membeli properti dari Pengembang. Sedangkan untuk properti yang dijual di pasar sekunder, bank biasanya akan menentukan besar uang muka yang perlu dibayarkan kepada penjual langsung yang biasanya berkisar antara 20%-50%.

Angsuran – Besar angsuran yang ideal adalah tidak melebihi sepertiga dari penghasilan Anda atau Anda dengan pasangan.

3. Verifikasi Pengembang
Meski nama pengembang sudah sering Anda dengar dan dikenal bonafid serta kredibel, tidak ada salahnya jika Anda tetap mencari informasi tentang pengembang tersebut. Pilih pengembang yang setidaknya telah berkecimpung di dunia properti minimal 5 tahun. Anda perlu memeriksa track record pengembang, apakah sering terlambat untuk serah terima? Bagaimana kualitas bangunan di perumahan sebelumya? Anda dapat mengetahui informasi ini dengan mencari testimoni di internet atau melalui kerabat Anda.

4. Periksa Harga Pasar
Jangan langsung tergiur dan berpikir pendek untuk langsung mengambil properti yang pertama Anda lihat. Lakukan peninjauan terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasi mengenai harga pasaran rumah di daerah tersebut baik itu secara online atau secara langsung untuk memastikan Anda membeli rumah dengan harga terbaik. Keputusan terakhir yang Anda buat sebaiknya didasari hasil riset harga pasar.

5. Fasilitas
Pastikan Anda telah mendapatkan informasi mengenai fasilitas yang ditawarkan pengembang. Akan lebih baik lagi apabila Anda melakukan pemeriksaan dengan mengitari area perumahan tersebut. Ada dua macam fasilitas yaitu fasilitas intern dan fasilitas intern. Fasilitas intern meliputi tempat ibadah, tempat olahraga, taman bermain, infrastruktur yang memadai, gerbang perumahan, dll. Sedangkan fasilitas ekstern merupakan fasilitas lain yang letaknya tidak jauh dari perumahan tersebut seperti minimarket, sekolah, rumah sakit, pasar, tempat rekreasi yang tentunya ikut serta menjadi faktor penting bagi para calon pembeli.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru