riau24 DPR Canangkan Zona Parlemen Bebas Korupsi | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

DPR Canangkan Zona Parlemen Bebas Korupsi

0
Ketua DPR Setya Novanto menyebut, anggota DPR diminta patuh dan mendukung produk hukum dengan dicanangkannya zona integritas wilayah bebas korupsi. (CNN Indonesia//Natanael Wahluya)
Berita Riau -  DPR Canangkan Zona Parlemen Bebas Korupsi
Jakarta-Riau24.com-Ingin membuktikan diri dan menunjukkan dukungannya dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat kini mencanangkan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR. 

Ketua DPR, Setya Novanto, mengatakan melalui pencanangan zona integritas di lingkungan parlemen ini diharapkan dapat membuat Sekjen DPR, selaku perwakilan birokrasi, mampu membangun birokrasi dan integritas anggota dewan. Tujuan utamanya adalah terbebas dari perilaku koruptif.
"Dengan penandatanganan ini seluruh anggota DPR patuh terhadap aturan, disiplin, dan mendukung produk hukum yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi," kata Novanto di Gedung DPR, Senin (2/11/2015).

Melihat hal itu, Ketua BPK, Harry Azhar Azis, berharap pencanangan zona integritas di DPR dapat ditindaklanjuti dengan modul turunan yang mempertegas aturan guna menjamin wilayah parlemen terbebas dari korupsi. 

Modul turunan itu, kata Harry, bisa berkaitan dengan pedoman urusan pembelian barang dan jasa, pengelolaan administrasi, serta urusan lainnya yang berkenaan dengan administrasi.

"Ini langkah maju yang patut diacungi jempol dan diikuti lembaga lain. Yang penting itu semua transaksi bersih dan terarsip rapi," kata Harry.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Winantuningtyastiti menyatakan pencanangan zona integritas merupakan salah satu upaya Sekjen DPR untuk menjadikan lingkungan parlemen sebagai wilayah bebas dari korupsi serta diisi oleh orang-orang yang jujur dan profesional.

"Saya, Sekjen DPR RI, dengan ini mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah briokrasi bersih dan melayani di lingkungan Sekjen DPR RI," kata perempuan yang akrab disapa Ning itu dalam sambutannya.

Pencanganan program zona integritas yang digelar di DPR itu turut dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Harry Azhar Aziz, Ketua Ombudsman Danang Grindrwardana, Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru