riau24 7 Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia 2015 | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Moto GP

7 Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia 2015

0
Para pembalap MotoGP akan menjalani seri terakhir di Sirkuit Valencia/ motogp.com
Berita Riau -  7 Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia 2015

Valencia-Riau24.com-MotoGP musim ini akan memasuki seri terakhir. Bertempat di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Minggu (8/11/2015) balapan bakal menentukan nasib Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sebagai calon kuat juara tahun ini.

Sayangnya kedua pembalap itu tidak memiliki sejarah bagus di Valencia. Baik Rossi, Lorenzo ataupun Yamaha selaku produsen motor yang mereka tunggangi punya catatan buruk di lintasan sepanjang 4 km tersebut. (Baca juga: Sejarah Valencia Tidak Menguntungkan Buat Rossi dan Yamaha)

Untuk Rossi, balapan kali ini bakal berjalan lebih sulit dari biasanya. Sebab ia harus memulai perlombaan dari posisi paling belakang. Hal itu wajib diterimanya sebagai hukuman karena dianggap bersalah atas kecelakaan yang menimpa Marc Marquez di Sirkuit Sepang Malaysia, 25 Oktober 2015 lalu.

Selain itu ada tujuh fakta lainnya yang menarik disimak jelang GP Valencia:

1. Sirkuit Ricardo Tormo berasal dari nama pembalap asal Spanyol yang pernah memenangkan balapan kelas 50cc pada 1978 dan 1981. Kariernya berakhir pada 1984 sebab ia mengalami cedera kaki dan ia meninggal dunia pada 1998 karena menderita sakit leukima.

2. Sejauh ini Dani Pedrosa menjadi pembalap tersukses di Valencia. Dia sudah memenangkan enam balapan dan tiga di antaranya terjadi pada kelas MotoGP.

3. Balapan di Valencia lebih sering dimenangkan oleh rider asal Spanyol. Selain Pedrosa, kemenangan juga diraih Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Hector Barbera, Maverick Vinales, Nicolás Terol, Julián Simón, Héctor Faubel dan Sete Gibernau.

4. Sejauh ini Honda jadi tim tersukses di MotoGP Valencia dengan mengemas delapan kemenangan. Sementara saingannya yaitu Yamaha, baru memiliki tiga kemenangan.

5. Untuk Ducati, mereka sudah enam tahun tidak menang di Valencia. Terakhir kali Ducati menang terjadi pada 2008 lalu dan saat itu motor mereka dikendarai oleh Casey Stoner.

6. Tahun lalu Marc Marquez mencetak sejarah di Valencia. Mulai balapan dari posisi lima, ia akhirnya berhasil finis di urutan paling depan. Sejauh ini Marquez jadi satu-satunya pembalap yang memenangkan GP Valencia meski memulai balapan di luar pole position.

7. Selain Marquez, rekor baru juga dimiliki Valentino Rossi. Pembalap kebangsaan Italia itu menjadi satu-satunya orang yang selalu tampil di Sirkuit Ricardo Tormo sejak pertama kali dibuka pada 1999 lalu. Dengan tahun ini, Rossi berarti sudah 17 kali balapan di Valencia.

R24/rno/sin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru