Jumat, 25 April 2014
T.Edi Sabli ; "Independensi KPU, Itu Harga Mati."
0
R24/Net
T.Edi Sabli ;
Pekanbaru, (Riau24)-- Tengku Edi sabli, Ketua KPU Riau, mengatakan, untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilu 2014 nanti,  pihaknya akan tetap independen dan profesional dalam menyelenggarakan Kegiatan Pemilihan, Demikian hal tersebut disampaikan dirinya kepada Riau24 (27/3/13).

"Independensi KPU, itu harga mati dan kode etik profesional Kami." Tegasnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, kendati saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah nanti, jika ada sejumlah calon yang pernah dan masih menjabat sebagai kepala daerah, yang kembali mendaftarkan diri, maka KPU akan tetap konsisten untuk tidak memihak.

"Meskipun nanti ada Pejabat yang mendaftar kembali untuk maju dalam Pilgubri, maka kami akan tetap konsisten dan netral." Tuturnya.

Selain itu, saat ditanyai R24, mengenai pengawasan KPU Provinsi Riau, terkait sirkulasi Penghitungan suara yang kerap terjadinya kecurangan, Ketua KPU Provinsi Riau inipun akan mencari strategi yang tepat, Utamanya suara yang dihitung dari TPS tidak berbeda dengan hasil akhir yang akan ditetapkan.

"Tentunya nanti kami Ada strategi mengenai pengawasan data tersebut, kita akan catat dengan teliti seluruh jumlah suara yang masuk dari TPS hingga ke Provinsi, sesuai atau tidak datanya," Paparnya.

Ditambahkan lagi olehnya, selain akan berkordinasi dengan petugas TPS, Edi sablipun  menghimbau kepada seluruh tim sukses Calon Kepala daerah dan Partai, agar menyiapkan saksi-saksinya untuk mengikuti perhitungan suara hingga selesai, agar ketika terjadi selisih suara, Pihaknya akan segera melakukan koreksi dengan mempertimbangkan data yang diperoleh dari saksi tersebut.

Sedangkan, masih dalam Keterangan Beliau, jika jelas dalam penelusuran KPU ternyata ditemukan Pelanggaran, maka pihaknya akan memberikan tindakan tegas kepada petugas yang bersangkutan dan diberi sanksi sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

"Kami berharap Para Calon kepala daerah, dan Caleg melalui Partai, supaya menyiapkan saksi yang kompeten (menguasai-red) sebagai data pembanding jika terjadi selisih, karena dalam undang-undang jelas, yang mengatakan, barang siapa yang merubah hasil pemilu maka akan di tindak dengan denda sebesar Rp. 1 Miliar." Tukasnya.

Diakhir beliau menjelaskan kembali, untuk mensukseskan pemilihan umum dan Kepala Daerah Gubernur Riau tahun 2013 ini, KPU sangat Terbuka, selain itu juga Menurut dirinya, sinergisitas antara Bawaslu dan KPU Provinsi Riau itu, harus terjalin dengan baik agar dapat melaksanakan Pemilu dengan Jujur, Bersih tanpa Kecurangan.

"Kita harus bersinergi, KPU dan Bawaslu untuk menciptakan Pemilukada dan Pemilu 2014 nanti Bersih tanpa kecurangan." Tandasnya.(Fes)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_xkfvl_660.jpg
Orang nomor satu di Provinsi Riau Anas Maamun, sebelum menjabat Gubernur Riau dirinya telah membuat suatu program dan berjanji untuk mensejahtrakan rakyat Riau, bahkan APBD Riau 2014 juga ingin dirubahnya karena Gubernur menilai tidak menyentuh rakyat.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com