riau24 Awas! Premier League Inggris Dikejar Serie A Italia | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Liga Champion

Awas! Premier League Inggris Dikejar Serie A Italia

0
Para pemain Manchester United sedang berlatih
Berita Riau -  Awas! Premier League Inggris Dikejar Serie A Italia

Riau24.com - Secepatnya lolos ke fase gugur Liga Champions 2015-16 adalah misi pertama keempat wakil Inggris: Manchester United, Manchester City, Arsenal, dan Chelsea. Akan tetapi, empat klub tadi juga mempunyai tanggung jawab kolektif yang jauh lebih besar: menyelamatkan tempat keempat EPL di LC edisi 2017-18!

EPL Inggris dalam kejaran Serie A Italia. Jika situasi LC musim lalu terulang, di mana Italia mengirim satu wakil di final LC dan klub-klub Inggris tak bisa mencapai perempat final LC maupun Liga Europa, jatah empat tempat ke LC dari posisi akhir di klasemen EPL 2016-17 alias musim depan sudah pasti lepas!

Jatah itu akan menjadi milik Serie A, yang sampai saat ini cuma berhak mengirim tiga perwakilan dari klasemen akhir kompetisi.

Penentuan posisi asosiasi negara untuk LC edisi 2017-18 memang ditentukan atas dasar akumulasi koefisien liga terhitung sejak lima musim pamungkas, alias 2011-12 hingga akhir musim 2015-16.

Nilai koefisien itu ditentukan oleh performa wakil-wakil liga bersangkutan di LC dan LE. Tiga liga yang menghuni posisi teratas berhak mendapatkan jatah empat tim ke LC musim berikutnya.

Sampai menyelesaikan matchday ketiga LC 2015-16, tiga liga teratas itu masih dihuni La Liga (Spanyol), Bundesliga (Jerman), dan EPL (Inggris). Posisi La Liga dan Bundesliga di dua teratas relatif aman berkaca dari peringkat para jagoan mereka semisal Barcelona, Real Madrid, hingga Bayern Muenchen

Di anak tangga berikutnya ada Serie A (Italia). Mereka mengincar posisi Inggris di tempat ketiga. Momennya relatif bagus.

Inggris kini sedang menurun. Mengingat perhitungan koefisen hanya dimulai dari lima musim LC terakhir, partisipasi hebat Inggris pada 2010-11 tak lagi dihitung. Dalam kompetisi lima tahun lalu itu, ada tiga wakil EPL sampai ke perempat final dan satu menyentuh final.

Kalau empat representasi Inggris saat ini tidak juga menunjukkan kemajuan yang paten di matchday keempat pada 3 dan 4 November mendatang, alarm kekhawatiran cuma punya tiga wakil di LC tadi bisa sudah mulai didengungkan.

Apakah klub-klub itu peduli? Sekarang barangkali tidak. Yang mereka pikirkan ialah bagaimana menyelamatkan atau membawa tim masing-masing berprestasi setinggi mungkin pada musim 2015-16. Tak masalah lantaran isu ranking koefisien itu toh selaras dengan prestasi klub.

Tampil baik sampai akhir musim ini bisa menyelamatkan jatah tempat keempat Inggris di LC edisi 2017/18. Sebaliknya, tampil buruk otomatis memberikan peluang wakil Italia buat menyalip. Penentuan itu bisa dimulai sedini dari hasil-hasil matchday keempat LC.

(R24/fjr/jua)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru