riau24 Lima Cara Sederhana Rawat Ban Tubeless Biar Awet | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Tips Dan Trik

Lima Cara Sederhana Rawat Ban Tubeless Biar Awet

0
Ban tubeless (ilustrasi). (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)
Berita Riau -  Lima Cara Sederhana Rawat Ban Tubeless Biar Awet

Riau24.com-Sejatinya, ban tubeless merupakan roda yang dirancang tanpa ban dalam. Awalnya, ban jenis ini diperuntukkan bagi sepeda gunung. Namun, seiring berjalannya waktu, ban tubeless rupanya juga diterapkan di kendaraan bermotor.

Berbagai kelebihan pun ditawarkan ban tubeless, yakni praktis saat digunakan. Mayoritas pengemudi memilih ban tubeless, karena tak gampang kempis jika menghantam benda tajam, atau dalam kondisi bocor.

Kelebihan lainnya, ban tubeless dinilai lebih menggigit dan stabil jika dibawa menikung atau bermanuver pada kecepatan tinggi.

Namun, meski saat ini ban jenis tubeless kian diminati para pemilik kendaraan, perawatan juga tentu diperlukan, agar umur ban awet dan tahan lama.

Lantas, apa saja perawatan yang perlu dilakukan pada ban jenis tubeless? Berikut seperti dilansir Planetban, Senin 2 November 2015:

1. Jangan mengurangi tekanan angin ketika ban masih dalam keadaan panas. Penyesuaian tekanan hanya dapat dilakukan saat ban menjadi dingin.

2. Jangan memberikan beban pada ban melebihi ketentuan muatan maksimum kendaraan.

3. Perlu pemeriksaan rutin terhadap telapak dan bahu ban untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan lebih dini. Apabila ban sudah mencapai batas keausan minimum (lihat tanda D di bahu ban), ban harus segera diganti.

4. Sekali pun bocor, jangan buru-buru menutupnya dengan lem ban atau lem cair lain. Cairan akan menyebar kepermukaan ban yang berakibat kerusakan permanen pada permukaan yang tak bocor, serta korosi pada serat ban. Bahayanya, ban bisa meledak mendadak bila dipacu dalam kecepatan tinggi. Sebaiknya tamballah dengan potongan ban, baru direkatkan dengan lem.

5. Jangan berkendara dengan ban kempis sekali pun untuk jarak dekat. Ban dan pelek bakal rusak tanpa bisa diperbaiki lagi bila berkendara dengan ban kempis.

R24/rno/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru