riau24 "Tarif Parkir yang Baru Disahkan Sistem Zona, tapi Bukan Berlaku Pukul Rata" | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

"Tarif Parkir yang Baru Disahkan Sistem Zona, tapi Bukan Berlaku Pukul Rata"

0
Kepala UPTD Parkir Wira Bhakti
Berita Riau -
Pekanbaru-Riau24.com-Disaat ini tarif parkir baru disahkan, dengan Perda tentang Retribusi ini Parkir di Tepi Jalan Umum tahun 2015. Pengesahan itu melalui paripurna DPRD Pekanbaru, Senin kemarin.
Tapi, kini menimbulkan kegalauan sejumlah warga.
 
Pasalnya, tarif yang diberlakukan ini sangat membebani pengguna jasa parkir. Dimana dalam Perda itu memakai sistem zona, namun tidak diperjelas aturan-aturannya dari tiap zona tersebut. Makanya, ini yang dipertegas oleh pihaknya Pemko Pekanbaru.
 
Seperti disampaikan oleh Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi di Kota Pekanbaru, Wira Bhakti. Katanya,
bahwa telah disetujui pengesahan Perda tersebut, tapi perlu diingat sistim zona ini tidak pukul rata di daerah pepakiran.
 
"Filosofinya dari rancangan perda yang telah disahkan ini tidak atas semata-mata sekedar meningkat PAD. Namun, ini melainkan lebih kepada teknisnya penataan kota. Terutama, ini dengan dibuat zona yang kemudian dikaji pada aspek sosialnya maupun ekonomi," ujar pria dipanggil Wira.
 
Makanya kata Wira, dirancang ini dengan dibuat zona-zona. Namun dijalur pada zona telah ditetapkan ini memang tidak sama atau tidak pukul rata. Ia mencotohkan Jalan Sudirman ini yang masuk kategori zona I tersebut tidak disemuanya disamakan untuk dipungut biaya di area parkir itu.
 
"Pada intinya itu ditiap zona untuk pepakiran tersebut tidak kesemua dipungut dengan tarif biaya yang sama. Artinya, dilihat dulu tingkat keramaian dari pihak penggunaan pepakiran yang ditepi jalan umum tersebut. Bisa saja untuk di Jalan Nasional ada beberapa zona atas parkir," terangnya.
 
Dikesempatan itu, Wira berharap dengan diberlakukan sistem zona ini mudah-mudahan Perda parkir tersebut, dapat mengurai tingkat kemacetan di Kota Pekanbaru ini akan teratasi. Tapi saat sekarang
sambungnya, masih dalam kajian dan perlu masukan-masukan dan juga kritikan.
 
R24/rul
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru