riau24 Kemenag Rohul Mulai Sosialisasikan Kursus Pranikah | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kemenag Rohul Mulai Sosialisasikan Kursus Pranikah

0
Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA
Berita Riau -  Kemenag Rohul Mulai Sosialisasikan Kursus Pranikah

Rohul-Riau24.com-Awal November 2015, Kementrian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul) mulai sosialisaikan wajib kursus bagi pasangan calon pengantin (Catin),ke seluruh masyarakat Rohul, dengan melibatkan seluruh steak holder yang ada, baik Pemkab Rohul, ulama, KUA dan pihak lainnya.

Walaupun Januari 2016 akan diterapkan wajib kursus bagi pasangan calon pengantin (Catin), Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA menjelaskan, agar saat program dijalankan maka sudah bisa berjalan dengan baik di negeri seribu suluk ini.

“Kursus akan diselenggarakan kerjasama antara pihak Kemenag Rohul dengan Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pengaraian, dengan pembiayaan sebahagian besar akan ditanggung oleh Pemkab Rohul, melalui MAMIC Pasir Pengaraian,” jelas Ahmad Supardi, Selasa (3/11/2015).

Ahmad Supardi juga mengakui, pihaknya sudah lama mendiskusikan masalah kursus calon pengantin secara internal, namun terbentur pada biaya yang akan timbul saat pelaksanaannya.

“Bila kegiatan itu diterapkan, maka pasti ada biaya yang muncul. Sedangkan Kemenag Rohul menetapkan biaya gratis, bila pernikahan dilaksanakan di kantor KUA maka nanti dikatakan biaya nikah memang gratis, namun kursusnya bayar,” ucapnya.

Dengan kursus catin sudah jadi kebijakan Pemerintah Daerah, maka jelas Ahmad Supardi lagi, segala biaya yang timbul sebagai akibat dari kebijakan tersebut, adalah menjadi tanggungjawab Pemkab Rohul dan bisa dialokasikan melalui APBD dan bisa juga dibebankan ke catin yang bersangkutan.

Kini Kemenag Rohul sendiri, akan siapkan segala sesuatunya terkait dengan pelaksanaan kursus catin tersebut, seperti silabus, panduan materi, petunjuk pelaksanaan, dan termasuk PERDA atau minimal PERBUP sebagai landasan hokum bagi pelaksanaannya.

Sementara itu, Kemenag Rohul dan MAMIC juga akan menyiapkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, seperti Dr H Mawardi M Saleh Lc MA, Dr H Mustafa Umar Lc MA, H Abdul Somad Lc MA, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, psikolog, dan para ahli lainnya di bidang kerumahtanggaan, agar pelaksanaannya bisa sesuai dengan harapan.

Ahmad Supardi mengungkapkan Kursus Pra Nikah merupakan program dilakukan Pemkab Rohul dalam meminimalisir angka perceraian. Pasalnya, empat tahun belakangan ini, kasus perceraian ditangani Pengadilan Agama Pasirpengaraian kian meningkat.

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru