riau24 DPR Akui Kinerja Legislasi Parlemen Melempem | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

DPR Akui Kinerja Legislasi Parlemen Melempem

1
Ketua DPR Steya Novanto menjanjikan tahun depan parlemen bakal mengejar ketertinggalan dalam memenuhi capaian target Prolegnas. (Dok.Detikcom/Lamhot Aritonang)
Berita Riau -  DPR Akui Kinerja Legislasi Parlemen Melempem

Jakarta-Riau24.com-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto, mengamini kinerja legislasi parlemen tahun 2015 tidak memenuhi capaian target program legislasi nasional (Prolegnas). 

Dari 39 rancangan undang-undang yang masuk Prolegnas prioritas tahun 2015, DPR baru merampungkan hanya dua produk undang-undang.

Novanto mengaku telah berusaha semaksimal mungkin untuk menggenjot kinerja legislasi di parlemen. Namun kerja sama antara pemerintah dan DPR tampaknya masih belum mampu mewujudkan realisasi Prolegnas yang telah diprioritaskan.

"Saya sudah berkali-kali minta agar pemerintah melengkapi naskah akademis. Kami mengejar kualitas, jangan sampai tidak berkualitas dibatalkan MK (Mahkamah Konstitusi)," kata Novanto saat ditemui di ruang Pimpinan DPR, kemarin.

Meski demikian, Novanto menjanjikan tahun depan parlemen bakal mengejar ketertinggalan dalam memenuhi capaian target Prolegnas. Politikus Partai Golkar itu berharap Badan Legislasi DPR dan seluruh komisi yang ada di parlemen bisa melakukan sinkronisasi.

"Saya sadari target tak tercapai. Tapi dengan sentuhan antara pemerintah dan DPR tentu kita usahakan semaksimal mungkin," kata Novanto.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon pun sebelumnya mengakui, tumpukan prioritas RUU dalam Prolegnas tidak bakal rampung seluruhnya untuk dibahas pada 2015. 

Alasannya, usulan RUU dari DPR dan pemerintah itu masih membutuhkan pengkajian yang membuka kemungkinan terjadinya revisi. 

Selain itu, kata Fadli, alotnya pembahasan RUU juga disebabkan oleh mekanisme pembahasan RUU itu sendiri. Jika pada periode sebelumnya RUU khusus menjadi ranah pengkajian Baleg, kini setiap anggota dewan memiliki kewenangan untuk mengurusinya.

"Ini yang kemudian membuat pembahasannya sedikit lebih lama ketimbang dilimpahkan semuanya kepada Baleg seperti pada periode lalu. Memang akan lebih mendalam dengan harapan hasil UU akan lebih berkualitas," ujar Fadli. 

R24/rno/cnn

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 06:30 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru