riau24 Asus Pro, Laptop Tahan Injak & Banting untuk Profesional | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Asus Pro, Laptop Tahan Injak & Banting untuk Profesional

0
Laptop Asus Pro BU201LA (foto : Joseph Kowel)
Berita Riau -  Asus Pro, Laptop Tahan Injak & Banting untuk Profesional

Riau24.com-TERDAPAT perbedaan mendasar antara perangkat komputasi yang ditujukan untuk segmen konsumer (pengguna biasa) dengan penggunaan laptop bagi kalangan enterprise atau skala bisnis.

Cakupan kebutuhan perangkat komputasi bagi skala bisnis, amat memprioritaskan sisi security, manageability, dan spek yang tinggi untuk mendukung performa.

Menjawab kebutuhan tersebut, produsen komputer asal Taiwan, Asus, merilis ultrabook untuk skala bisnis (enterprsie) bernama Asus Pro BU201LA. Seperti apa Asus mendesain laptop ini untuk menjawab tantangan dan kebutuhan komputasi di sektor enterprise ini? Simak ulasan berikut.

Desain

Laptop Asus Pro BU201LA, sekilas dirilis seolah didesain mirip dengan Zenbook. Memiliki bodi yang diperkuat dengan konstruksi LCD berbahan karbon fiber sehingga mampu meredam guncangan di level tertinggi, semisal jatuh atau terinjak.

Okezone sempat mencoba menjatuhkan serta menginjak laptop ini dengan dua kaki. Hasilnya, perangkat ini lolos dari pengujian tersebut.

Meksi demikian laptop ini memiliki standar untuk diuji droptest yakni maksimal 1,5 meter. Sementara untuk menahan tekanan (injak) laptop ini masih mampu bertahan diinjak oleh orang dewasa (asumsi berat 70 hingga 80 kg).

Asus Pro ini memiliki bobot ringan dan bodi yang cukup ramping. Beratnya hanya mencapai 1,27 kg sementara ukuran dimensi adalah 310 x 215 x 12.9 mm. Ketebalan bodi hanya mencapai 0,8 inci.

Ketika dipandang, laptop terlihat premium sebab material karbon fiber tersebut dibuat dengan kesan mewah, dengan warna hitam yang agak mengkilat.

Disarankan, ketika tangan Anda berkeringat atau berminyak, sebaiknya lebih dulu mengeringkan dengan tisu atau sapu tangan, sebab material tersebut akan mudah sekali terlihat kotor dengan kondisi tersebut.

Satu hal yang juga cukup unik, engsel dari laptop ini dapat diputar hingga 180 derajat, sehingga membuatnya dapat berdiri tegak lurus. Fasilitas itu akan berguna bagi pengguna, manakala secara tidak sengaja layar laptop tertekan atau terinjak, sehingga tidak akan membuatnya rusak.

Dari segi desain dan tampilan, menenteng laptop ini untuk beraktivitas secara mobile, jika boleh meminjam istilah populer di masyarakat, "Nggak malu-maluin untuk diajak kondangan", sebab tongkrongannya (desainnya) cukup keren dan menjanjikan.

Hal itu mungkin dipandang Asus sebagai salah satu fitur yang cocok bagi kalangan pebisnis. Lazimnya, mereka adalah tipikal pengguna yang tak ingin berkompromi dengan desain dan gaya.

Konektivitas

Perangkat ini memiliki fitur konektivitas cukup lengkap untuk mendukung keterhubungan antar perangkat. Simak saja beberapa dukungan port berikut ini, jack audio 3,5 mm untuk microfon sekaligus speaker, VGA port, 3 buah USB 3.0, Lan konektor, Docking konektor, Mini Display Port, Smart Card, dan SD Card reader.

Sebagai tambahan, Asus Pro BU201LA juga memiliki fingerprint scanner. Untuk memudahkan pengoperasian tanpa mouse, laptop ini memberikan touchpad yang mirip dengan yang ada pada laptop Lenovo ThinkPad.

Kesan Okezone saat mencoba touchpad tersebut cukup baik. Papan kontrol itu memberikan kenyamanan saat digunakan. Sedangkan tombol klik kanan dan kiri untuk mengklik (perintah) juga empuk. Anda dapat melakukan scrolling up and down pada touchpad itu dengan meletakan dua jari.

Tombol trackpad di bagian tengah yang berbentuk bulat, cukup nyaman dipakai. Tombol tersebut telah mendukung lampu backlight. Meski demikian, ketika mengetik keberadaan tombol trackpad itu dirasakan cukup mengganggu karena tombol itu memakan sedikit ruang pada badan keypad di huruf H, G, dan B.

Tetapi pengguna jadi memiliki banyak pilihan untuk mengoperasikan laptop tanpa menggunakan mouse, apakah ingin menggulirkan kursor menggunakan touchpad atau trackpad.

Okezone pun sempat mencoba fitur fingerprint scanner dari laptop ini. Pembaca sidik jari pada perangkat itu terkesan agak kurang responsif ketika digunakan. Ketika mencoba membuka kunci untuk menyalakan laptop menggunakan fasilitas fingerprint, terkadang terjadi kegagalan.

Ketika Anda gagal sebanyak dua kali untuk membuka kunci menggunakan fingerprint, maka Anda akan diminta untuk memasukan sandi Pre Boot authentication (PBA), yang lebih dulu harus Anda setting ketika menyetel fitur fingerprint.

Anda dapat menyetel fitur fingerprint dengan masuk ke menu start kemudian pilih folder Asus dan pilih menu Asus Fingeprint.

Performa

Sebelum mengukur performa, mari simak sejenak spesifikasi dari laptop ini. Asus Pro BU201LA menggunakan prosesor Intel Haswell-ULT Core i5-4210U CPU dengan clock speed 1.70GHz. Prosesornya dual core-nya dirancang menggunakan fabrikasi 22 nm.

Laptop ini memiliki RAM 4 GB DDR3 dan memori penyimpanan yang terdiri dari tiga jenis (model) storage yakni 500 GB HDD, 1 TB, atau 500 GB HDD plus 8 GB SSD.

Model yang diterima okezone memiliki kapasitas penyimpanan 500 GB HDD. Pada display-nya, perangkat ini memiliki layar 12,5 inci beresolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel.

Display layar ini juga menggunakan teknologi IPS dan menggunakan basis grafis dari Intel HD Graphics. Tak lupa sistem operasi yang disematkan pada perangkat ini adalah Windows 7.

Berbekal kemampuan itu, perangkat ini mampu memutar video beresolusi HD hingga full HD dengan cukup baik. Tampilan jernih, terang dan mampu memanjakan mata penggunanya.

Untuk mendukung audionya, Asus menyematkan Conexant SmartAudio HD sehingga suara yang dikeluarkan jernih dan kencang.

Laptop ini pun masih kuat menghajar game game ringan hingga berat. Hanya saja ketika diajak memainkan game berat, meski permainan berjalan lancar Anda mungkin akan menemukan grafis-nya akan sedikit tersendat. Pasalnya, spesifikasi hardware perangkat ini memang lebih menekankan pada fasilitas dan fleksibilitas.

Kami pun menjajal perangkat ini dengan membuka banyak aplikasi sekaligus seperti photoshop dan juga mengaktifkan banyak tab browser. Hasilnya performa masih berjalan baik tanpa lag. Manajeman RAM pun cukup baik dan irit.

Ketika menjalankan semua aplikasi tersebut secara bersamaan, kapasitas RAM yang dikuras mencapai 3 GB dari total yang tersedia adalah 4 GB.

Diajak Bekerja

Nah satu lagi aspek yang tak kalah penting untuk diuji dari laptop ini, yakni bagaimana performa saat diajak untuk bekerja. Sebab peruntukan memang sengaja disiapkan untuk menjangkau pasar tersebut.

Bagi para pebisnis yang mengandalkan laptop untuk bekerja dengan mengetik, dipastikan Asus Pro mampu menyanggupi kebutuhan tersebut dengan sangat baik. Keyboard pun telah mendukung fitur backlight.

Perangkat ini memiliki keyboard dengan tuts keyboard yang sangat nyaman digunakan sebab sangat empuk ditekan, dan terpenting saat dipakai mengetik suaranya tidak berisik.

Asus Pro menawarkan sebuah fitur yang dinamakan dengan HDD Protection Tools. Fitur tersebut memberikan fasilitas keamanan pada hardisk Anda dari goncangan, semisal ketika laptop terjatuh atau dibawa bepergian. Anda dapat menyetelnya pada fitur normal hingga advanced.

Manajemen panas pada laptop ini pun cukup baik. Ventilasi udara untuk pembuangan panas terletak di bagian bawah dan belakang laptop tertutup oleh engsel display. Selama menggunakannya, kami tidak mendapatkan perangkat ini mengeluarkan panas berlebihan dan cenderung cukup stabil.

Kesimpulan

Untuk ukuran laptop skala bisnis, Asus Pro BU201LA unggul dalam aspek keamanan dan portabilitas. Sementara dari aspek performa dan spesifikasi, masih cukup bisa diandalkan untuk bekerja pada skala ringan hingga sedang.

Asus telah meluncurkan perangkat ini pada pertengahan tahun ini. Pun demikian dikatakan, laptop ini telah dijual namun secara terbatas karena memang peruntukan bukan bagi pasar konsumer melainkan enterprise.

Dengan perangkat yang dibanderol pada kisaran harga Rp19 jutaan, Asus Pro BU201LA mampu diajak bertualang.

R24/rno/oke

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru