riau24 Indonesia Kalah dari Negara ASEAN di Tiga Indikator Ini | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Indonesia Kalah dari Negara ASEAN di Tiga Indikator Ini

0
Agus Martowardojo (ANTARA/Wahyu Putro A)
Berita Riau -  Indonesia Kalah dari Negara ASEAN di Tiga Indikator Ini
Riau24.com-Bank Indonesia (BI) menyatakan, setidaknya ada tiga indikator utama yang mencerminkan bahwa perekonomian Indonesia masih kalah dibandingkan negara-negara di kawasan ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan, ketiga indikator tersebut, mulai dari adanya defisit transaksi berjalan (CAD), laju Indeks Harga Konsumen (IHK), dan sektor ekspor dan impor dalam bentuk dollar Amerika Serikat (AS).

"Di negara ASEAN, kelihatan hanya Indonesia yang defisit. Kita tahu CAD adalah cermin sederhana. Impor lebih besar daripada ekspor. Empat lainnya surplus," ujar Agus, di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Rabu, 4 November 2015.

Dari sisi IHK, dalam dua tahun terakhir, rata-rata inflasi Indonesia masih terlampau tinggi, yakni sebesar 8,3 persen. Padahal, keempat negara ASEAN tersebut inflasinya mampu tumbuh di kisaran empat persen.

"Dibanding empat negara ASEAN, inflasi Indonesia masih tinggi. Rata-rata inflasi 8,3 persen dibandingkan dua tahun terakhir. Empat negara ASEAN sudah di bawah lima persen. Tapi di akhir tahun, Indonesia akan di bawah empat persen. Kami harap stabil dan rendah," kata dia.

Selain itu, salah sektor paling krusial di kawasan ASEAN, yakni ekspor dan impor, juga masih kalah dengan negara ASEAN lain. Agus memaparkan, hal ini dikarenakan orientasi pasar ekspor Indonesia masih berkutat di komoditas semata.

"Ekspor dan impor dalam bentuk US dollar, dibandingkan Malaysia, Singapura, dan Thailand masih kalah. Selama 10 tahun terakhir, ekspor kita mengarah pada sumber daya mentah, 60 persen ekspor kita itu mentah," tutur Agus.

R24/rno/viv
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru