riau24 HKN ke-51, Diskes Rohul Gelar Baksos Gratis di Bangun Purba | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

HKN ke-51, Diskes Rohul Gelar Baksos Gratis di Bangun Purba

0
Kegiatan Bakti Sosial yang dibuka oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rohul Ir. Damri MM.
Berita Riau -  HKN ke-51, Diskes Rohul Gelar Baksos Gratis di Bangun Purba

Rohul - Riau24.com - Sambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 tahun 12 November 2015 mendatang, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul gelar Bakti Sosial (Baksos) pengobatan gratis di Kecamatan Bangun Purba, Rabu (4/11/2015).

Baksos tingkat Kabupaten Rohul yang dipusatkan di kawasan SD Negeri 002 Bangun Purba, Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba dengan tema "Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri" dibuka oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rohul Ir. Damri MM.

Kegiatan Baksos gratis dilaksanakan sehari, yang diprakarsai Diskes Rohul, bekerjasama dengan RSUD Pasir Pengaraian, Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan Ikatan Apoteker Indonesia, dan TP PKK Rohul.

Sekda Rohul Ir Damri dalam sambutannya sangat menyambut baik Bakti Sosial gratis dilaksanakan Diskes Rohul di Kecamatan Bangun Purba. Menurutnya, kegiatan juga membantu masyarakat dalam mengantisipasi penyakit akibat kabut asap.

Kemudian, disamping Baksos, diakui Damri, Pemkab Rohul juga berikan pengobatan di rumah sakit, dan Posko Kesehatan Bencana Asap di gedung Palang Merah Indonesia Rohul.

"Kita harapkan, Diskes Rohul agar tingkatkan kegiatan seperti ini terus," harap Sekda Rohul Damri, usai tinjau seluruh ruangan SDN 002 Bangun Purba yang dijadikan sebagai tempat pengobatan gratis selama kegiatan Bakti Sosial.

Sedangkan menurut Kepala Diskes Rohul drg. Grifino Dahlihardy, bahwa kegiatan Baksos tersebut adalah untuk membantu masyarakat Bangun Purba dalam mendapatkan pengobatan gratis, masih terkait efek dari paparan asap.

Dimana ada beberapa kegiatan gratis disediakan pihaknya, seperti sunatan massal, sikat gigi massal diikuti ratusan murid sekolah dasar, fisioterapi, pemasangan implan/susuk KB, pengobatan/ kesehatan gigi, pengobatan gratis dokter spesialis, dokter umum, donor darah, pemeriksaan lab (gula darah dan golongan darah), dan lainnya.

Katanya lagi, sebelum Bhakti Sosial di Bangun Purba, Diskes Rohul juga sudah menggelar kegiatan serupa di Dalu Dalu Kecamatan Tambusai dan Kecamatan Kabun. Dimana alasan utama Bhakti Sosial dipusatkan di Kecamatan Bangun Purba, karena pola penyakit di kecematan ini dinilai lebih besar dari pada kecamatan lainnya.

"Dikegiatan ini, seratus lebih tenaga kesehatan dilibatkan, mulai dari dokter, bidan, perawat, dan petugas Puskesmas. Bakti Sosial gratis ini sendiri disambut baik oleh warga Bangun Purba. Selain bayi, anak-anak, hingga orang dewasa datang ke tempat acara," sebutnya.

Dalam Baksos gratis di SDN 002 Bangun Purba, juga hadir Direktur RSUD Pasirpengaraian dr. Wildan Asfan Hasibuan M.Kes, Ketua GOW Hj Rahayuwati Hafith, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Rohul Harisman ST,MT, Camat Bangun Purba Suharman, anggota TNI dan Polri, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul lainnya, dan ratusan masyarakat.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia kegiatan, drg. Leny Sumbari, kegiatan yang digelar, termasuk tujuan Pemkab Rohul agar mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, makanya selain adanya pengobatan gratis, juga ada dilakukan penyuluhan terhadap masyarakat.

"Karena, selain pengobatan ini, juga kita lakukan penyuluhan langsung ke masyarakat. Kita harapkan, dengan kegiatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan itu semakin dipahami masyarakat," jelas Leny.

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru