riau24 Mantan Ketua DPRD Riau Masih Pinjam Kendaraan Dinas | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Mantan Ketua DPRD Riau Masih Pinjam Kendaraan Dinas

0
Suasana Didalam Persidangan
Berita Riau -  Mantan Ketua DPRD Riau Masih Pinjam Kendaraan Dinas

Pekanbaru - Riau24.com - Mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, diketahui masih meminjam kendaraan dinas jenis Jeep merek Toyota Land Cruiser setelah masa jabatannya berakhir tahun 2014 silam.

Hal tersebut disampaikan Emrizal yang merupakan Kasubag Perlengkapan Sekretariat DPRD Riau, saat dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada persidangan kasus dugaan suap APBD Riau tahun 2014 dan APBD Riau tahun 2015, dengan terdakwa Ahmad Kir Juhari, di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Rabu (4/11/2015).

Dalam kesaksiannya, Emrizal mengatakan kalau kendaraan dinas yang digunakan Johar Firdaus kala itu masih tercatat sebagai aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. 

"Menurut data saya, masih dipinjampakaikan. Data di Sekwan, Land Cruiser nya masih status pinjam pakai. Masih tercatat di Kartu Inventaris Barang (KIB)," ungkap Emrizal di hadapan majelis hakim yang diketuai Masrul.

Membenarkan hal tersebut, JPU KPK Tri Anggoro Mukti juga mengatakan jika kendaraan dinas yang berstatus pinjam pakai tersebut masih belum dikembalikan ke aset daerah. "Masih sama dia (Johar,red)," sebut Tri usai persidangan.

Dalam sidang kai ini juga diketahui kalau Annas maamun memberikan disposisi pinjam pakai untuk anggota dewan terhadap kendaraan dinas tersebut. Disposisi ini disampaikan ke Biro Administrasi Perlengkapan Setdaprov Riau. Bahkan ada disposisi terpisah untuk T Rusli Ahmad untuk pinjam pakai mobil sedan jenis Toyota Camry yang digunakannya selaku Wakil Ketua DPRD Riau.
 
"Sekitar September 2014. Diperlihatkan ke saya dipinjam pakai, Rusli Ahmad," papar Ayub Khan yang merupakan mantan Kepala Biro Administrasi Perlengkapan Setdaprov Riau, yang turut dijadikan saksi.

Belakangan mobil tersebut akhirnya diserahkan kembali oleh T Rusli Ahmad kepada KPK saat pemeriksaan dirinya di SPN Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Adanya usulan legislator untuk meminjam pakaikan kendaraan dinas mereka hingga proses lelang, sehingga mereka dapat menggunakannya sebelum melalui proses lelang juga dikaitkan dengan pembahasan APBD P Riau tahun 2014 dan APBD Riau tahun 2015.

Usulan ini disampaikan kepada Gubernur Riau Annas Maamun kala itu dalam sebuah Rapat Konsultasi di antara mereka.

Dijelaskan saksi Iwa Sirwani Bibra yang turut dihadirkan sebagai saksi, jika Annas Maamun saat pertemuan konsultasi dengan DPRD Riau menegaskan tidak ada persoalan terhadap keinginan pinjam pakai yang diajukan legislator tersebut atas mobil dinas mereka.
 
"Masalah mobil tidak ada masalah. Dijaminkan prioritaskan ke kita (jika dilelang). Maka dipinjamkanlah waktu itu," terang Iwa.

Belakangan, kendaraan dinas yang telah dipinjamkan tersebut harus dikembalikan kembali ke DPRD Riau karena merupakan aset daerah. Legislator mengembalikannya setelah diedarkannya surat perintah untuk mengembalikannya dari Sekretariat DPRD Riau. 

Termasuk di antara legislator yang mengembalikan itu, yakni Hikmani dan Ely Suryani. Iwa sendiri mengaku mengembalikan mobil dinas setelah adanya pemberitaan di media massa, sebelum dirinya disurati Sekwan.

R24/rul/per

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru