riau24 Jakarta Bakal Tenggelam 2050, Jepang Siapkan Teknologi Ini | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Jakarta Bakal Tenggelam 2050, Jepang Siapkan Teknologi Ini

0
Kawasan Jakarta Utara (VIVAnews/Fernando Randy)
Berita Riau -  Jakarta Bakal Tenggelam 2050, Jepang Siapkan Teknologi Ini

Riau24.com - Ibukota DKI Jakarta diprediksikan beberapa pakar bisa tenggelam pada 2050 mendatang. Terkait dengan prediksi itu, Jepang pun bersiap membantu ibukota dengan menerapkan teknologi manajemen air tanah.

Penasihat Kebijakan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dari Japan Indonesian Cooperation Agency (JICA) Moriyasu Kunihiro menyebutkan yang menyebabkan Jakarta akan tenggelam yaitu pengaruh kepadatan penduduk dan banyaknya penggunaan sumur tanah.

”Permukaan tanah turun karena kebayakan warga Jakarta banyak mengambil air dari sumur, karena digali menyebabkan tanah turun, resikonya air laut masuk ke Jakarta, dan tenggelam,” ujar Moriyasu pada Rabu, 4 November 2015 di Candi Borobudur, Yogyakarta.

Moriyasu mengatakan, belum memastikan kapan bantuan itu akan di mulai. Karena memang membutuhkan riset terlebih dahulu mengenai postur tanah dan penggunaan teknologi yang nantinya akan diadopsi dari Jepang.

Ia mengatakan, untuk melakukan riset saja butuh waktu yang tidak singkat.

“Semua ada proses, untuk melakukan riset saja membutuhkan waktu sepuluh tahun,” katanya.

Manajemen air tanah, kata dia, telah diterapkan Jepang pada 1970-an. Saat itu, permukaan tanah di Jepang turun hingga empat meter.

Namun, tanda penurunan permukaan tanah sudah mulai sejak 1920-an dan 1930-an, saat industri di Jepang sangat berkembang pesat.

“Awalnya kita juga tidak tahu penyebabnya, namun setelah bom di Jepang pada tahun 1945, setelah itu aktivitas mulai menurun, dan kemudian berkembang lagi, barulah terjadi penurunan permukaan tanah,” ungkap Moriyasu.

Teknologi itu, dikatakan juga termasuk mencari pengganti air sumur bagi penduduk yang biasa mereka gunakan. Moriyasu mengatakan di Jepang teknologi itu sukses mengembalikan permukaan tanah yang telah turun. Keberhasilan itu didorong salah satunya pemerintah mencari alternatif air yang digunakan warga.

Dia menegaskan, Jepang akan membantu pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi Jakarta agar tidak tenggelam seperti yang diprediksikan.

R24/rno/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru