riau24 Siapa Bilang Sistem Operasi Apple 100 Persen Aman? | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Siapa Bilang Sistem Operasi Apple 100 Persen Aman?

0
Banyak yang menganggap sistem operasi buatan Apple paling aman. Tapi nyatanya tidak demikian. (PhotoAtelier/Flickr)
Berita Riau -  Siapa Bilang Sistem Operasi Apple 100 Persen Aman?
Jakarta-Riau24.com - Selama ini Apple dikenal sebagai pembuat sistem operasi, baik untuk mobile dan komputer, yang diklaim sangat aman dari serangan malware. Ini karena platform buatan Apple tersebut adalah sistem tertutup.

"Kendati Android yang merupakan sistem terbuka lebih rentan diserang, bukan berarti Apple menjadi sangat aman. Tidak juga, karena justru serangan ke Apple itu semakin meningkat," kata Chief Operating Officer Eset Asia Pasifik, Lukas Raska, saat berbincang di Jimbaran, Bali.

Hasil pengamatan Eset, serangan ke Apple justru makin hari semakin meningkat dan semakin keras. Memang, Apple saking tertutupnya menerapkan iOS dan Mac sangat eksklusif untuk produk mereka sendiri, namun itu bukan jaminan.

Lukas tidak memerinci jenis malware atau serangan apa yang pada akhirnya mampu meretas sistem di Apple. Namun, dia yakin ada celah (bug) di Apple yang bisa eksploitasi.

"iPhone yang tertutup memang lebih keras untuk meretasnya, namun kebanyakan kasus terjadi karena iPhone tersebut di-root (jailbreak)," ucapnya.

Bagi Eset, tidak ada satupun sistem operasi yang benar-benar aman di dunia ini. Para peretas akan terus menerus untuk selangkah ke depan agar bisa menembus pertahanan suatu sistem operasi.

Lebih jauh lagi, Parvinder Walia, Sales and Marketing Manager Eset Asia Pasik menambahkan bahwa di masa depan ketika mobil semakin lumrah terhubung dengan internet maka disitu juga ancaman peretas datang.

"Beberapa waktu lalu, kita mendengar suatu produsen mobil menarik kendaraan karena diketahui bisa diretas oleh hacker. Oh iya, bahkan ada satu kejadian peretas mampu menembus sistem navigasi pesawat. Ini sangat mengerikan sekaligus menjadi perhatian kita semua," katanya, menutup pembicaraan.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru