riau24 KPU Rohil Target Partisipasi Pemilih PILKADA 70,8% | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

KPU Rohil Target Partisipasi Pemilih PILKADA 70,8%

0
Bimtek PPK Kabupaten Rohil Hotel lion
Berita Riau -  KPU Rohil Target Partisipasi Pemilih PILKADA 70,8%

Rohil-Riau24.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rohil mengelar pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek)Tata cara Pemungutan Suara, perhitungan dan Rekapilusi serta penetapan Hasil pemilih Bupati dan Wakil Bupati yang akan diselenggarakan oleh PPK Kabupaten Rohil pada 9 Desember 2015 mendatang. 

Kegiatan Bimtek tersebut dipusat di Hotel Lion Kamis (5/11/2015) Bagansiapiapi Rohil, Hadir dalam Kegiatan  Bimtek itu, Ketua KPU Rohil Agus Salim, Sp, Komisioner KPU lainnya Hasan Basri, Sag, Supriyanto, Sp, M.si,  M. Taufik, Kasmer Dahlan, serta penyelengara PPP Se-Kabupaten Rohil, partai politik pengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati 2016-2020. 

Dalam materi pengguna hak yang sah disampaikan oleh Kasmer Dahlan, "Ia mengatakan terkait dengan penguna hak pilih memkai fomulir A 5 Harus namanya tercantum pada DPT dimana ditempat alamat pemilih tersebut, bagi mereka yang disebut diatas," sebutnya. 

Menurut Kasmer Dahlan, bagi memiliki fomulir A 5 dapat memilih ketempat lain, dengan sarat mereka telah terdaftar sebagai hak pemilih dimana mereka berdosimili tersebut Pemilih dapat menggunakannya, menggunakan fomulir A 5 seperti mereka dalam keadaan sakit, selain itu bekerja peserta sebagai saksi pilkada dengan alasan tak bisa ditinggal boleh memiliki Fomulir A 5 Dari Dasar ketentuannya," Beber Kasmer Dahlan. 

"Selain itu mandat saksi yang diberikan oleh parpol maupun Tim pemenang Paslon hanya dibenarkan satu mandat diajukan kepada KPPS, memang dalam ketentuan bisa dua saksi diajukan oleh partai pendukung namun yang berhak dalam pengawasan KPPS hanya satu pemegang mandat, kemudian sebelum pemungutan suara dilaksanakan oleh KPPS Saksi segera Tim Paslon segera menyerahkan nama-nama saksinya sebelum pelaksanaan Pilkada dimulai, paling lambat 30 Menit dari ketentuan yang ada," Tandas komisioner KPU Kasmer Dahlan. 

Sedang Komisioner Lainnya, Hasan Basri, Sag, memaparkan Rekam jejak penyelengara yang ada telah banyak pengalamannya selama pemilhan Umum berlansung, dari data nama yang ada, hampir 85% PPK yang ada telah pernah sebagai panitia penyelengara pemilu, dalam hal ini KPU tak akan ragu dari rekam jejak yang KPU miliki pada nama-nama PPK yang hadir dalam acara bimtek hari ini". 

Hasan Basri Mengatakan pelaksanaan puncak kegiatan penyelengara selama tujuh hari, Tahap di Kecamatan selama tujuh hari, kemudian tahap penyelengara di Kabupaten selama tiga hari, KPU berharap PPK seluruh kecamatan mempertahankan intergritas sebagai penyelenggara. 

KPU Provinsi Riau juga berharap kepada semua seluruh penyelengara Kabupaten Rohil mensosialisasikan guna pemahaman mengunakan hak pilih, tentang pemilu. 

"Menurut Hasan Basri, Sag target KPU Provinsi Riau jumlah partisipasi pemilih Bupati dan Wakil Bupati Rohil dapat tercapai 70,8%, maka dari Kita minta kepada PPK, PPS, KPPS seluruh Kecamatan dan Desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar pemahaman tata cara pemilih dapat dimengertikan oleh mereka baik ditingkat Kabupaten maupun di pedesaan," harap Hasan. 

R24/awa/yan 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru