riau24 Pertanian Lancar Irigasi Tersedia Sumber Air | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pertanian Lancar Irigasi Tersedia Sumber Air

0
Camat pucuk rantau Azizman saat mendampingi Bupati Kuansing H. Sukarmis dalam suatu acara di kecamatan Pucuk Rantau
Berita Riau -  Pertanian Lancar Irigasi Tersedia Sumber Air

Kuansing-Riau24.com - Masyarakat desa Sungai Besar dan Ibul Kecamatan Pucuk Rantau pada tahun anggaran 2014 lalu, memperoleh cetak sawah baru dari Kementerian Pertanian seluas 35 hektar (ha). Namun para petani merasa kesulitan karena tidak adanya saluran irigasi untuk mendatangkan air.

Makanya pada tahun anggaran 2015, Pemkab Kuantan Singingi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) membangun saluran irigasi seluas 800 meter. "Alhamdulillah pembangunan saluran irigasi yang dilakukan di Desa Sungai Besar seluas 800 meter, telah rampung dikerjakan, " ungkap Camat PucuK Rantau Azizman, S. Sos ketika dihubungi wartawan.

Menurutnya, pembangunan saluran irigasi di lahan pertanian Desa Sungai Besar telah selesai, dan petani telah bisa memanfaatkan saluran irigasi untuk mengairi air ke persawahan, apabila terjadi musim tanam di tahun 2015 ini. Karena saluran irigasi yang dibangun tersebut sangat baik dan airnya terus mengalir dan tidak akan pernah kering, bahkan juga disekitar areal tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat mandi balimau bagi masyarakat. Sebab air sungainya jernih dan mengalir terus, maka sangat layak untuk kegiatan mandi balimau.

"Kalau ada acara mandi balimau, maka pucuk rantau sudah memiliki tempatnya, yang tidak akan kalah jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di kuansing ini," paparnya.

Sedangkan soal potensi lahan pertanian, Pucuk Rantau juga cukup luas dan cukup besar dan bisa saja Pucuk Rantau menjadi lumbung beras di Kuansing di masa mendatang, seperti di Desa Ibul lebih dari 20 hektar, Desa Sungai Besar lebih 30 hektar, Desa Pangkalan lebih 60 hektar dan Desa Muara Petai diperkirakan lebih 50 hektar.

"Jika semua lahan tersebut termanfaatkan dengan baik, sudah barang tentu untuk mewujudkan Pucuk Rantau sebagai basis logistik dan juga untuk menjadikan Kuansing sebagai lumbung beras bakal terwujud," tukasnya.

R24/awa/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru