riau24 Fadli: Kementerian Bidang Ekonomi dan Hukum Harus Dirombak | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Fadli: Kementerian Bidang Ekonomi dan Hukum Harus Dirombak

1
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)
Berita Riau -  Fadli: Kementerian Bidang Ekonomi dan Hukum Harus Dirombak

Riau24.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon mengatakan seharusnya Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet atau reshuffle jilid II sesegera mungkin.

Sebab, antara target dan realisasi kementerian, baik dari segi penyerapan anggaran dan tingkat kepuasan publik, dinilainya tak tercapai.

"Sejumlah kementerian di bidang ekonomi dan hukum jadi catatan kritis," ujar Fadli dalam diskusi dengan tema "Reshuffle Datang, Partai Politik Tegang" di Warung Daun, Jakarta, Sabtu, 7 November 2015.

Ia berpendapat target di bidang ekonomi tidak tercapai karena tidak diisi orang-orang yang tepat di bidangnya. Ia menceritakan berdasarkan kunjungannya ke daerah-daerah masalah ekonomi yang dinilai banyak dikeluhkan.

Terkait persoalan ekonomi ini, ia menilai seharusnya ada peran BUMN sebagai mesin negara dalam ekonomi. BUMN dinilai seharusnya memberikan kontribusi pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

"Tapi nyatanya BUMN tak mampu melakukan peran tersebut di tengah perekonomian yang sulit," kata Fadli.

Selanjutnya untuk bidang hukum, menurut politikus Partai Gerindra itu, kementerian di bidang ini seharusnya tidak diisi oleh orang-orang yang memiliki kepentingan politik. Karena akan berpengaruh pada kinerja dan ujungnya berpengaruh terhadap tingkat kepuasan publik.

Menurutnya, catatan-catatan di bidang ekonomi dan hukum tersebut bisa menjadi ukuran Presiden untuk me-reshuffle para pembantunya.

"Kalau satu tahun target tidak terealisasi kan namanya gagal. Kegagalan itu yang jadi indikator untuk menilai perlunya siapa menteri yang harus direshuffle," ujar Fadli.

Ia menegaskan persoalan reshuffle memang menjadi hak prerogatif presiden. Tapi kalau ingin mengevaluasi kementerian, Jokowi dinilai harus bisa melihat target dan realisasinya.

R24/rno/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 06:33 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru