riau24 Perhatikan Ini Jika Beli Rumah di Kompleks Perumahan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Perhatikan Ini Jika Beli Rumah di Kompleks Perumahan

0
Ilustrasi (Foto: dok. detikFinance)
Berita Riau -  Perhatikan Ini Jika Beli Rumah di Kompleks Perumahan
Jakarta-Riau24.com - Beberapa orang memilih untuk membeli rumah di kompleks perumahan. Namun membeli rumah tentu membutuhkan banyak pertimbangan.

Berbagai penawaran yang Anda dapatkan dari pengembang, broker, atau pemilik rumahnya langsung, harus Anda pikiran baik-baik agar tidak salah melangkah.

Berikut ini terdapat enam hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih rumah di kompleks perumahan.

1. Pengembang
Biasanya, rumah yang dipasarkan oleh pengembang properti masih dalam kondisi belum dibangun. Ini sama saja Anda membeli “janji” pengembang pada saat membeli rumah tersebut karena fisik rumahnya belum jadi. 

Untuk itu, Anda harus hati-hati dengan mencari tahu latar belakang pengembang perumahan apakah pengembang tersebut bisa dipercaya, seperti apakah selalu tepat waktu saat serah-terima rumah pada proyek sebelumnya, serta apakah sertifikat atas rumah juga tepat waktu diberikan kepada pembelinya.

2. Masterplan Proyek
Pengembang perumahan pasti punya master plan yang menjadi tema keseluruhan proyek perumahannya. Dengan adanya master plan, arah pembangunan proyeknya menjadi jelas sehingga bisa menjadi identitas proyek dan menjadi bahan promosi pengembang. 

Untuk itu. Anda perlu mempelajari dengan baik master plan pengembang untuk mendapatkan gambaran besar atas kawasan perumahan yang akan Anda tempati.

3. Suplai Air Bersih
Pasokan air bersih sudah menjadi masalah klasik di perumahan. Pastikan rumah Anda nanti akan mendapatkan suplai air bersih yang cukup, baik itu dari perusahaan air minum daerah (PDAM) atau bisa juga dengan mengandalkan air sumur.

4. Fasilitas Umum
Pastikan kompeks perumahan yang Anda incar menyediakan sejumlah fasilitas umum dan sosial yang memadai. Misalnya pengelolaan air limbah, sistem keamanan, kolam renang, taman, tempat ibadah, sekolah, tempat kesehatan, dan sebagainya. Semakin banyak fasilitas umum yang tersedia, semakin besar peluang Anda untuk memperoleh keuntungan modal.

5. Kualitas Estate Management
Kualitas yang perlu Anda perhatikan tidak hanya mengenai kualitas fisik bangunan rumah, tetapi juga kualitas jalan, dan lingkungan di kompleks perumahan. Itulah kira-kira ruang lingkup yang menggambarkan Estate Management. 

Jadi penting untuk mengetahui apakah pengembang menerapkan Estate Management sehingga pengembangan kompleks perumahan di masa mendatang tidak berubah dari master plan atau kawasan perumahan tidak beralih fungsi dari rencana awalnya. 

Dengan menerapkan Estate Management, maka rumah Anda bisa menjadi nilai tambah untuk investasi di masa depan.

6. Kondisi Warga
Anda juga perlu memperhatikan kondisi warga di kompleks perumahan. Warga yang mau bekerja sama untuk menangangi kebutuhkan lingkungan akan membuat lingkungan menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk ditinggali.

R24/rno/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru