riau24 Sampah Jakarta, Pemprov Belum Punya Solusi Jangka Pendek | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Sampah Jakarta, Pemprov Belum Punya Solusi Jangka Pendek

0
Ilustrasi (Okezone)
Berita Riau -  Sampah Jakarta, Pemprov Belum Punya Solusi Jangka Pendek

Jakarta-Riau24.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengakui, penanganan sampah Ibu Kota dalam waktu dekat masih belum ada solusinya.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pihaknya masih akan bertumpu pada tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, sambil menunggu pembangunan Intermediate Treatment Facilities (ITF) yang baru akan dimulai tahun 2016 mendatang.

"Mau nggak mau harus angkut terus (ke Bantargebang). Iya, kita akan mulai bangun (ITF tahun 2016). Cara tercepat gimana? Ya mau enggak mau mesti truk dulu," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Ahok menambahkna, sebenarnya Jakarta memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) di Sunter, Jakarta Utara. Namun, TPA tersebut tak bisa menjadi diandalkan karena keterbatasan lahan. Terlebih, Sunter menjadi salah satu tempat lokasi pembangunan ITF, selain Cakung Cilincing, Duri Kosambi dan Marunda.

Menurut Ahok, rencana pembangunan ITF yang akan diserahkan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) juga menunggu mekanisme penyertaan modal pemerintah (PMP) yang baru bisa dilaksanakan tahun 2016.

"Sunter juga ada (tempat) buang, tapi terbatas. Sunter mau ada pengolahan, nanti ITF mau dibangun di Sunter. Nah, sekarang Jakpro kita tugaskan bangun. (Kalau mau) bangun, Jakpro kan mesti ada duit, PMP baru akan dilakukan tahun depan," lanjut dia.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menuturkan, biaya pembangunan satu unit ITF diperkirakan sekira Rp 1,2 triliun.

R24/rno/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru