riau24 Hitler Tokoh Pandai bukan Ahli Hipnotis | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Hitler Tokoh Pandai bukan Ahli Hipnotis

1
Buku biografi baru menyebut Hitler politikus pintar yang terlibat langsung dalam keputusan-keputusan besar Nazi. (Getty Images/Photos.com)
Berita Riau -  Hitler Tokoh Pandai bukan Ahli Hipnotis
London-Riau24.com - Satu biografi baru Hitler tampaknya akan memicu kontroversi baru karena argumentasi bahwa kemampuan politik pemimpin Nazi ini dipandang enteng dan kepercayaan akan daya hipnotisnya terhadap warga Jerman dibesar-besarkan. 

Buku berjudul “Hitler” karya pakar sejarah Jerman terkemuka asal Inggris, Peter Longerich, akan diterbitkan pada Senin mendatang. 

Buku setebal 1.295 halaman ini memasukkan materi dari buku harian kepala propaganda Nazi Joseph Goebbels dan pidato-pidato awal Hitler. 

“Secara umum, pembaca akan mendapat satu gambaran seorang diktator yang memiliki kendali lebih besar, yang terlibat lebih dekat dalam banyak keputusan-keputusan dibandingkan perkiraan semula. Saya ingin menempatkan kembali Hitler sebagai satu kepribadian, di pusat perhatian,” kata Longerich dalam wawancara dengan Reuters. 

Buku-buku mengenai Third Reich sebelumnya lebih menekankan pada iklim sosial dan politik yang membuat ajaran Nazi naik daun setelah kekalahan pada Perang Dunia I dan tuntutan perbaikan. 

Setelah Perang Dunia II, warga Jerman terus percaya bahwa mereka disandera oleh satu kelompok penjahat yang dipimpin oleh Hitler yang karismatik, dan ingin menguasai Eropa dan membantai kaum Yahudi. 

Longerich, seorang guru besar di Universitas London, berpendapat bahwa meski seluruh kebijakan Hitler dan dampaknya sangat mengerikan, dia bertindak cerdas dalam beberapa situasi. 

“Pertanyaan mengapa dia bisa didengarkan sampai sejauh itu: Jelas dia memiliki kemampuan untuk memanfaatkan situasi tertentu untuk kepentingan pribadi dan tujuan yang ingin dia capai,” ujarnya. 

Longerich mengatakan, bahkan kebijakan-kebijakan radikal, yang berpuncak pada pembunuhan setidaknya enam juta kaum Yahudi, sebagian besar muncul karena oportunisme politik. 

Longerich yakin Hitler bukan seorang anti-Yahudi radikal ketika muda. 

“Sekitar 1919-1920, dia sadar bisa sukses di panggung politik dengan menerima dan memicu anti-Semitisme,” katanya, sambil menambahkan bahwa hal itu baru menjadi elemen utama pada 1930-an. 

Kemampuan Hitler berkuasa bahkan sangat luar biasa karena mahasiswa seni kelahiran Austria ini adalah “seseorang yang tak terkenal” yang tidak memiliki ideologi hingga berusia 30 tahun. 

Baru ketika itu, dengan menolak menerima kekalahan Jerman, dia masuk ke partai Nazi. 
Longerich juga berupaya membantah teori bahwa Hitler memiliki karisma luar biasa yang tidak bisa ditolak warga Jerman. Dia mengatakan bahwa hal itu dibuat oleh mesin propaganda Nazi yang memanipulasi foto-foto penggemarnya yang terkesima ketika dia berpidato. 

Pengarang ini tidak membebaskan tanggung jawab warga Jerman secara penuh. Dia mengatakan sebagian besar populasi negara itu mendukung Hitler, sementara sebagian lagi adalah kelompok yang mencari kesempatan untuk mendapat untung ketika menjadi pengikutnya. Namun dia berargumentasi bahwa ada ketegangan dan rasa tidak puas secara sosial saat itu, misalnya di dalam gereja. 

“Sangat tidak logis untuk berpendapat bahwa negara yang pecah seperti Jerman tiba-tiba bersatu di bawah pimpinan satu orang, dan memiliki satu pandangan politik,” katanya. 

Longerich mengatakan bahwa sikap warga Jerman terhadap Hitler dalam tujuh puluh tahun setelah pemimpin ini meninggal masih terus berkembang. 

“Saya pikir tidak ada rasa senang terhadap Hitler tetapi sekarang ada tabu-tabu yang sudah dilanggar,” katanya dengan merujuk pada film mengenai diktoator itu dan perdebatan terkait penerbitan buku “Mein Kampf”. 

Sementara kekhawatiran akan peningkatan radikalisme sayap kanan di Jerman akibat krisi pengungsi, Longerich memperingatkan bahwa dengan situasi politik “yang lebih keras”, “potensi dari satu tokoh politik adalah faktor yang tidak boleh dianggap enteng”.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 10:30 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru