riau24 Terbebani Regulasi, Industri Maskapai Mulai Gagal Bayar Sewa Pesawat | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Terbebani Regulasi, Industri Maskapai Mulai Gagal Bayar Sewa Pesawat

0
Ilustrasi: (Foto: Okezone)
Berita Riau -  Terbebani Regulasi, Industri Maskapai Mulai Gagal Bayar Sewa Pesawat

Jakarta-Riau24.com - Industri maskapai di Indonesia saat ini agaknya mulai semakin mengkhawatirkan. Hal itu disebabkan selain iklim usaha di industri ini mulai memburuk ditambah beban dari regulasi yang semakin memberatkan.

Ketua Masyarakat Hukum Udara Indonesia Andre Rahadian mengatakan, tahun ini industri ini memang bukanlah tahun yang baik bagi industri maskapai di Indonesia. Pasalnya perlambatan perekonomian dan penurunan daya beli menjadi momok utama bagi seluruh ranah industri di Indonesia.

Namun, pemerintah seakan menambah beban para maskapai dengan mengeluarkan berbagai regulasi yang memberatkan seperti Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 45/2015 tentang Persyaratan Kepemilikan Modal Badan Usaha di Bidang Transportasi. Dimana para maskapai harus mempunyai modal yang disetor sebesar Rp500 miliar.

"Memang peraturan itu dalam Undang-Undang sudah ada. Tapi itu dikeluarkan di saat yang tidak tepat. Industri kita sedang melemah," tutur Andre di Plaza Senayan, Jakarta, Sabtu (7/11/2015).

Bukan hanya itu, menurutnya maskapai juga masih terbebani dengan harga avtur yang melonjak akibat fluktuasi nilai tukar Rupiah. Ditambah lagi pemerintah masih membebani tarif bea masuk dan PPN untuk impor onderdil pesawat.

Andre mengungkapkan, dengan beban tersebut saat ini mulai ada sinyal dari para maskapai yang hampir tumbang. Hal tersebut terlihat dari kinerja keuangan yang sudah hampi tidak bisa terkontrol.

"Sudah ada yang hampir gagal bayar sewa pesawat. Sudah mulai ada isu seperti itu, yang mulai macet telat-telat bayar juga sudah ada. Memang secara bisnis di Indonesia lagi turun, tapi ditambah aturan regulasi yang membebani," pungkasnya.

R24/awa/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru