riau24 Rossi dan Kenangan Buruk di GP Valencia | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Moto GP

Rossi dan Kenangan Buruk di GP Valencia

0
Valentino Rossi dikalahkan Nicky Hayden pada perebutan gelar juara dunia MotoGP 2006 di seri terakhir. (REUTERS/Heino Kalis)
Berita Riau -  Rossi dan Kenangan Buruk di GP Valencia
Jakarta-Riau24.com - Valentino Rossi kembali menghadapi balapan krusial dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2015). Apakah MotoGP Valencia akan kembali memberi The Doctor kenangan buruk?

Peluang Rossi untuk merebut gelar juara dunia kelas primer Grand Prix yang kedelapan dalam ancaman. Meski masih unggul tujuh poin atas rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, Rossi harus start dari posisi belakang karena sanksi dari FIM.

Rossi pernah kehilangan gelar juara dunia meski memimpin klasemen pebalap hingga memasuki seri terakhir. Hal itu terjadi pada musim 2006. Menariknya, ketika itu The Doctor juga kehilangan gelar di GP Valencia.

Memasuki seri terakhir di GP Valencia, 29 Oktober 2006, dengan keunggulan delapan poin atas Nicky Hayden (Honda), Rossi difavoritkan untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen dan menjadi juara dunia.

Rossi semakin di atas angin untuk merebut gelar juara dunia kelas primer Grand Prix untuk kali keenam beruntun setelah meraih pole di babak kualifkasi. Sedangkan Hayden harus start dari posisi kelima.

Namun, perjuangan Rossi untuk merebut gelar juara dunia berakhir pada lap kelima. Pebalap 36 tahun itu mengalami kecelakaan. Meski mampu meneruskan balapan, Rossi harus finis di posisi ke-13.

Hayden kemudian merebut gelar juara dunia MotoGP 2006 setelah finis di posisi ketiga dan mengakhiri musim unggul lima poin atas Rossi. Hasil di GP Valencia ketika itu mengakhiri dominasi Rossi di MotoGP dalam lima tahun sebelumnya.

"saya ingat ketika itu saya khawatir, karena Valencia bukan trek favorit saya. Ketika itu akhir pekan yang aneh, karena saya tampil bagus pada hari Jumat dan Sabtu hingga meraih pole," ujar Rossi seperti dilansir Crash.net.

"Pada hari Minggu semuanya salah, karena saya sangat lambat. Itu aneh. Sesuatu aneh terjadi saya pikir dan saat balapan saya melakukan kesalahan."

Malam nanti Rossi berpeluang mengulangi kenangan buruk hampir satu dekade yang lalu jika Lorenzo mampu membalikkan defisit tujuh poin di GP Valencia.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru