riau24 ISIS Bebaskan 37 Tawanan Asiria di Suriah | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

ISIS Bebaskan 37 Tawanan Asiria di Suriah

1
Ilustrasi (Getty Images)
Berita Riau -  ISIS Bebaskan 37 Tawanan Asiria di Suriah
Jakarta-Riau24.com - Sebanyak 37 warga lanjut usia etnis Asiria dibebaskan oleh ISIS setelah sembilan tahun ditawan. Puluhan warga Asiria hingga kini masih dalam tawanan ISIS.

Diberitakan CNN, menurut lembaga Assyrian Human Rights Network di laman Facebook mereka, para tawanan ini telah dibebaskan pada Sabtu (7/11/2015). Ke-37 warga Kristen Asiria ini berada dalam kondisi sehat.

Lembaga ini mengatakan, para tawanan dibebaskan dengan bus ke Tal Tamer, kota tempat mereka diculik oleh ISIS Februari lalu.

ISIS diketahui menculik 215 warga sipil saat mereka menyerbu puluhan desa dan kota warga Asiria. Ribuan orang mengungsi, termasuk 600 di antaranya yang berlindung di Katedral St. Mary di al-Hasakah, Suriah.

Total saat ini ada 88 tawanan Asiria yang telah dibebaskan. Lembaga Assyrian Human Rights Network mengatakan bahwa negosiasi masih terus berlangsung untuk pembebasan tawanan lainnya.

Warga Asiria merupakan kelompok bersejarah yang telah menetap selama 4.000 tahun di wilayah Suriah dan Irak. Masyarakat Asiria disebut sebagai salah satu pembentuk kebudayaan di Mesopotamia, tempat lahirnya kesusastraan dan tulisan.

Agama mereka awalnya adalah Ashurisme, namun sejak abad ke-tiga kebanyakan mereka memeluk Kristen.

Seperti kelompok minoritas lainnya, Asiria sangat menderita akibat perang sipil Suriah yang telah merenggut nyawa 250 ribu orang dan membuat 7,6 juta warga mengungsi.

ISIS dianggap salah satu penyebab utama banyaknya pengungsi. Kelompok yang mendeklarasikan diri sebagai Negara Islam ini kerap mengincar kelompok agama minoritas dan bahkan umat Muslim yang dinilai membangkang.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 10:30 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru