riau24 Video Baru ISIS Puji Anggotanya yang Serang Pesawat Rusia | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Video Baru ISIS Puji Anggotanya yang Serang Pesawat Rusia

0
Ilustrasi ISIS. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Berita Riau -  Video Baru ISIS Puji Anggotanya yang Serang Pesawat Rusia
Jakarta-Riau24.com - Meskipun penyebab kecelakaan pesawat Rusia di Mesir dua pekan lalu masih belum diketahui, ISIS kembali meyakinkan bahwa mereka adalah dalang di balik insiden yang menewaskan 224 orang tersebut melalui sebuah video baru.

Dalam video yang diunggah melalui media sayap ISIS di Aleppo, Suriah, pada Jumat (6/11/2015) tersebut, kelompok militan ini memuji para "pejuang singa" mereka di Sinai karena berhasil menjatuhkan pesawat Rusia.

Video tersebut tak menjabarkan dengan jelas bagaimana ISIS menjatuhkan pesawat tersebut. Namun, mereka menggambarkan aksi tersebut sebagai upaya balas dendam atas serangan udara Rusia di Suriah.
Bertajuk Healing Souls by Killing Russians, video tersebut dibuka dengan adegan yang menunjukkan dampak pengeboman serangan udara Rusia di Aleppo. 

Tayangan kemudian menampilkan beberapa gambar yang mengindikasikan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam serangannya, bersekutu dengan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, Iran, bahkan Amerika Serikat.

Diberitakan The Independent, Minggu (8/11/2015), dalam video tersebut juga terdapat kilas balik ketika kelompok militan di Mesir berbaiat pada ISIS tahun lalu.

Rekaman tersebut kemudian menampilkan pernyataan audio lengkap dengan teksnya yang menegaskan bahwa sayap ISIS di Mesir merupakan otak di balik kecelakaan pesawat Rusia. Di akhir rekaman, ISIS juga berjanji akan segera menguak bagaimana cara mereka menjatuhkan pesawat Kogalymavia tersebut dalam waktu dekat.

Merujuk pada terjemahan oleh Mail on Sunday, narator dalam video tersebut berkata, "Atas kehendak Allah dan upaya keras dari saudara-saudara kami dan tentara di lapangan di Provinsi Sinai, mereka menjatuhkan pesawat Rusia yang membawa lebih dari 220 warga Rusia. Mereka semua tewas dan puji Tuhan untuk itu."

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat. Berbagai kelompok masih saling tuding, sementara penyelidik masih melakukan investigasi mendalam melalui pemeriksaan rekaman kotak hitam pesawat.

Pada Minggu, para penyelidik di Mesir mengaku 90 persen yakin bahwa suara gaduh di kokpit sebelum pesawat mengalami kecelakaan disebabkan oleh ledakan bom.

"Indikasi dan analisis sejauh ini dari suara di kotak hitan tersebut mengindikasikan bahwa itu adalah bom," ujar seorang sumber anonim kepada Reuters.

Namun, pihak Mesir meminta agar dugaan aksi terorisme dalam insiden ini diteliti secara hati-hati. Bahkan menurut Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, klaim ISIS merupakan cara untuk menjatuhkan citra negaranya di mata internasional.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru