riau24 Ahli Geologi Ingatkan Pemerintah untuk Waspadai Potensi Tanah Ambals di Musim Hujan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Ahli Geologi Ingatkan Pemerintah untuk Waspadai Potensi Tanah Ambals di Musim Hujan

0
Salah Satu Ruas Jalan yang Amblas di Jakarta (ilustrasi dok)
Berita Riau -  Ahli Geologi Ingatkan Pemerintah untuk Waspadai Potensi Tanah Ambals di Musim Hujan
Jakarta-Riau24.com-Ahli Geologi Universitas dari ITB, Prof Lambok Hutasoit, mengimbau pada pihak pemda-pemda untuk mengecek terlebih dahulu kekuatan tanah di daerah publik. Hal itu diperlukan, karena memasuki musim hujan ini dikhawatirkan berpotensi terjadi kasus tanah ambles.
 
"Karena Kompresibilitanya yang tinggi, maka tanah yang dipijak akan terasa seperti tanah gambut, jika disentuh dengan kaki akan terasa lembut dan tidak padat," ujar Lambok saat dihubungi Selasa (10/11/2015).
 
Dia juga memiliki metode sederhana untuk mengetahui ciri-ciri apakah tanah itu kuat atau akan ambles.
 
"Cara paling gampang itu tanah di bor sedalam mungkin hingga menemukan lapisan tanah yang keras, untuk memastikan tidak ada jika dibawah lapisan tanah bukan gorong-gorong maupun saluran air. Kemudian ambil sample tanahnya untuk dianalisis," terangnya.
 
Lambok menjelaskan, kenapa ia meminta pemerintah untuk menganalisa kompresibilitas tanah di permukaan Jakarta atau daerah lainnya meski sudah dilakukan pembetonan maupun telah dilapisi aspal. Hal tersebut diperlukan karena saat bangunan akan dibangun tidak dicek kepadatan tanahnya maka bangunan di atasnya pun akan ikut runtuh.
 
"Di Cek dengan melakukan pemboran lapisan tanah, test dan analisis kompresibilatasnya diukur, kemudian lakukan pemetaan 3 dimensi untuk mengetahui lapisan tanah mana yang berpotensi amblas atau dengan kompresibilitas yang tinggi. Artinya ya jangan bangun bangunan tinggi jika tahu kalau daerah pijakannya rawan amblas," pungkasnya.
 
R24/rul/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru