riau24 Garap Tambang Martabe, Nusa Konstruksi Raup Rp 2,2 Triliun | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Garap Tambang Martabe, Nusa Konstruksi Raup Rp 2,2 Triliun

0
Tambang emas Martabe yang dikelola PT Agincourt Resources di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara memiliki cadangan 7,86 juta ons emas dan 73,48 juta ons perak. (Dok. G-Resources).
Berita Riau -  Garap Tambang Martabe, Nusa Konstruksi Raup Rp 2,2 Triliun
Jakarta, Riau24.com - PT Nusa Kontruksi Enjiniring Tbk (NKE) berhasil mengantongi kontrak Rp 2,2 triliun untuk menggarap tambang emas Martabe, di Sumatera Utara milik PT Agincourt Resources selama lima tahun mulai 2016.

Sekretaris Perusahaan NKE Djohan Halim menjelaskan, kontrak jasa penambangan yang diperolehnya itu merupakan kontrak baru setelah selama periode 2009 sampai 2015 dipercaya Agincourt untuk membangun infrastruktur di tambang emas dengan cadangan 7,86 juta ons emas dan 73,48 juta ons perak tersebut.

“Dalam menyelesaikan proyek baru ini, NKE melakukan kerjasama dengan perusahaan dari Australia, Macmahon Holdings Ltd dengan porsi kerjasama 50:50. Proyek ini akan dimulai pada Januari 2016 dan ditargetkan langsung memberi kontribusi pendapatan tahun itu juga,” ujar Djohan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (12/11/2015).

Ia melanjutkan, jenis pekerjaan yang akan dilakukan NKE di Martabe nantinya adalah jasa penambangan dan bulk earthworks, termasuk pengeboran dan peledakan, pengelupasan lapisan batuan/tanah penutup, penyewaan peralatan, serta manajemen sub kontraktor. 

Selain itu, proyek ini juga membutuhkan penempatan dan pemadatan material pada tanggul penyimpanan tailings dan pembangunan akses jalan ke daerah penambangan terbuka baru.

“Melalui proyek kerjasama dengan Macmahon di proyek penambangan emas Martabe ini kami pandang akan menjadi pemacu NKE dalam melebarkan segmen market ke lini bisnis pertambangan,” tambah Djohan.
Agincourt Resources sebagai pemilik izin pertambangan Martabe sepanjang tahun ini menargetkan produksi emas sebanyak 285 ribu ons dan perak 2,3 juta ons.

Pada kuartal III 2015, emas yang berhasil dijual Agincourt dari tambang Martabe sebesar 65.357 ons sedangkan perak yang berhasil dijual sebanyak 593.149 ons. Agincourt dilaporkan meraup pendapatan US$ 82,5 juta selama periode tersebut.

“Selama kuartal III, harga emas di pasar dunia berfluktuasi antara US$ 1.081 per ons dan US$ 1.130 per ons. Harga rata-rata yang diperoleh Tambang Emas Martabe adalah US$ 1.126 per ons. Hasil yang baik di kuartal ini akan memberi dampak positif berkelanjutan terhadap keseimbangan kinerja tahun ini,” ujar Tim Duffy, Presiden Direktur Agincourt Resources dalam keterangan resmi. 

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru