riau24 Masjid Agung Rohul Masuk 5 Besar dari 509 Masjid Agung Percontohan Tingkat nasional | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Masjid Agung Rohul Masuk 5 Besar dari 509 Masjid Agung Percontohan Tingkat nasional

0
Penilaian Masjid Nasional
Berita Riau -  Masjid Agung Rohul Masuk 5 Besar dari 509 Masjid Agung Percontohan Tingkat nasional

Rohul, Riau24.com - Ikonnya Kabupaten Rokan Hulu, Masjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasir Pengaraian berpeluang besar untuk menjadi masjid percontohan tingkat Nasional.

Pasalnya, Masjid yang berdiri megah diatas lahan seluas 22 hektar itu, telah masuk kedalam lima besar dari 509 jumlah Masjid Agung yang tersebar di 33 propinsi se-Indonesia yang di usulkan untuk penilaian masjid agung percontohan tingkat Nasional oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

”Masjid Agung Madani Pasir Pengaraian  masuk didalam lima besar percontohan masjid agung di Indonesia yang memiliki nilai yang tinggi,” ungkap Tim penilai yang merupakan Kasi Pembinaan Masjid Kemenag RI Hj Siti Nur Azizah, Rabu (11/11/2015).

Dalam acara itu, Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi mengekpose tentang sejarah berdirinya MAMIC Pasir Pengaraian hingga ditetapkannya masjid kebanggaan masyarakat Rohul itu, sebagai masjid agung peringat pertama, percontohan tingkat Provinsi Riau tahun 2015 oleh Kantor Wilayah Kemenag Riau        

Hal itu dibuktikan, diserahkannya piala dan piagam penghargaan kepada Bupati Rohul Drs H Achmad MSi oleh Kanwil Kemenag Riau Drs H Tarmizi Tohor melalui Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Drs H asmuni MA.    

Siti menyampaikan, Kemanag RI memiliki perhatian khusus pembinaan masjid di Indonesia sesuai dengan ketetapan tentang status masjid didaerah.         

Untuk tahun ini, penilaian masjid yang difokuskan pada masjid agung.Dimana MAMIC Pasirpengaraian salah satu masjid yang di usulkan untuk penilaian masjid percontohan tingkat Nasional. ”Terus terang, kami bangga dan bahagia melihat secara langsung Masjid Agung Madani. Karena dari profil masjid Agung yang dikirim rasanya tidak sabar lagi ingin turun ke Rohul melakukan verifikasi daan penilaian,” jelasnya.       

Dia menyebutkan, MAMIC Pasir Pengaraian memiliki keunggulan tersendiri dari 509 masjid agung yang telah dilakukan penilian masjid agung percontohan.Ada tiga aspek penilaian Idharah, Inaroh dan Inayah.      

“Tinggal beberapa langkah lagi untuk menjadi terbaik, MAMIC Pasir Pengaraian yang masuk lima besar di Indonesia,kita harapkan tidak saja terbaik di Riau, tapi  menjadi masjid agung percontohan tingkat Nasional. Keunggulannya, Masjid Agung  ini mempunyai radio dan televisi serta ada Sekolah Tahfiz dan Institut Sains Al-Quran, ini salah satu poin dan nilai yang tidak ada masjid agung di provinsi lain,” katanya.        

Siti mengaku, profil MAMIC Pasir Pengaraian dimuculkan dalam Directory Masjid Agung Percontohan Indonesia. Dimana tim penilai setelah pulang dari Rohul akan memberikan hasil verifikasi profil masjid agung kepada dewan pakar yang beranggotan 12 orang yang rata mereka bergelar Profesor.      

“Insya allah akhir bulan ini, Kemenag RI akan mengumumkan dan menetapkan masjid agung yang menjadi percontohan tingkat Nasional.Program penilaian masjid agung ini, untuk meningkatkan kualitas umat,” tambahnya. 

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru